Via Virtual, Lapas Sumbawa Besar Ikuti Pelaksanaan Upacara Peringatan HBP Ke-59 dan Halal Bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah

SUMBAWA BESAR – Puncak peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 dilaksanakan dengan kegiatan upacara. Pada Selasa (02/05), Serentak di seluruh UPT Pemasyarakatan Se-Indonesia melaksanakan Upacara HBP secara hybrid yang terpusat di Lapangan Merah Kemenkumham Republik Indonesia di Jakarta. Insan pemasyarakatan Lapas Sumbawa Besar mengikuti kegiatan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting bertempat di ruang Aula Lapas Sumbawa Besar.

Kegiatan diikuti oleh Pejabat Struktural Eselon IV dan V beserta masing-masing jajaran. Upacara ini dirangkaikan dengan kegiatan Halal Bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly secara langsung memimpin pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59. Mengawali kegiatan, Menkumham RI membacakan sejarah singkat Pemasyarakatan yang merefleksikan transformasi sistem baru dari sistem penjeraan menjadi Pemasyarakatan.

Dalam amanatnya, Menkumham menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya menilik kembali kinerja yang telah diberikan. “Halal bihalal menjadi momentum menguatkan silaturrahmi dan solidaritas serta waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri. Seluruh insan pemasyarakatan agar kembali melayani masyarakat dengan optimal, perkuat sinergitas dan tingkatkan kedisiplinan. Petugas pemasyarakatan harus memahami dengan benar dan utuh isi serta filosofi Undang-Undang Pemasyarakatan sesuai dengan tema HBP Ke-59 yaitu “Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI berAKHLAK, Indonesia Maju”.

Setelah upacara berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan halal bihalal serta persembahan hiburan dan pemotongan Tumpeng oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Di tempat terpisah, Kalapas Sumbawa Besar menerima hadiah perlombaan atas Prestasi pada lomba HBP Ke-59 diantaranya Juara 1 Lomba Futsal dan Juara 2 pada perlombaan olahraga Voli.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.