Wapres: Politik Kebangsaan Harus Dibangun dalam Kerukunan

“Dalam menyampaikan ajarannya setiap agama hendaklah menggunakan narasi-narasi kerukunan, bukan narasi konflik yang dapat menimbulkan perpecahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ma’ruf..

Lebih jauh, Wapres mengingatkan dalam upaya membangun bingkai kerukunan nasional tersebut, segenap anak bangsa Indonesia agar memberikan loyalitas dan nasionalismenya untuk Indonesia. Bukan lagi untuk kelompok atau golongan tertentu.

Namun, Ma’ruf berpesan agar itu tidak disalahartikan bahwa kita dilarang menghormati dan mengamalkan keyakinan ataupun memajukan tempat asal kita.

“Nilai-nilai dan keyakinan individu ataupun kelompok tetap dihormati dan dijamin pengamalannya, di dalam koridor kesepakatan dan bingkai persatuan dan kesatuan bangsa,” pesannya, dikutip dari republika.

Wapres pun meyakini apabila politik kebangsaan dilaksanakan dalam empat bingkai kerukunan nasional di atas, maka hal ini akan mengantarkan Indonesia menuju Indonesia Hebat. Sebab, sejarah perjuangan bangsa telah membuktikan bahwa hanya dengan menjaga dan menghormati kesepakatan nasional, mampu menjaga keutuhan bangsa.

“Pemerintah dan seluruh elemen bangsa harus bersama-sama bekerja dalam menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa,” kata Ma’ruf.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.