Warga Yaman Berpawai di Sanaa Tandai HUT Perang

“Inilah pesan kepada dunia, bahwa permulaan tahun kelima (perang), rakyat Yaman akan lebih kuat… sebuah pesan yang perlawanan Yaman bahkan akan lebih besar,” kata Mohammed Haidarah, seorang pengunjuk rasa.

Banyak di antara peserta pawai mengecat wajah mereka dengan warna-warna bendera Yaman dan yang lain berjoget memegang senapan serang dan pisau tradisional sementara para pemimpin Houthi menyambut gembira kerumunan massa dari podium utama.

Mohammed Ali al-Houthi,tinggi Houthi, kepala Komite Revolusi Tertinggi Houthi, mengutuk keputusan AS untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan.

“Inilah pengakuan dari seseorang yang tidak memiliki seseorang yang tak layak,” kata dia kepada massa.

Puluhan ribu orang telah meninggal dalam perang yang melibatkan Houthi melawan koalisi pimpinan Saudi, yang campur tangan di Yaman tahun 2015 untuk memulihkan kekuasaan pemerintahan Hadi.

Perang itu telah menyebabkan lebih dua juta orang terlantar dan menyebabkan negara di Semenanjung Arab menuju jurang kelaparan.

Kedua pihak menyepakati pembicaraan yang disponsori PBB pada Desember dan penarikan tentara dari kota pelabuhan Hudaidah, yang telah menjadi fokus perang tersebut, dan pertukaran tawanan. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.