Litbang Kompas Tegaskan Tidak Berpihak pada Paslon Manapun

JAKARTA, Harnasnews.cum – Litbang Kompas merilis hasil survei yang cukup berbeda dari lembaga lainnya terkait Pilpres 2019. Elektabilitas Paslon 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin tercatat menurun, sementara Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengalami kenaikan signifikan dibanding survei sebelumnya pada Oktober 2018.

Peneliti Litbang Kompas, Toto Suryaningtyas mengaku menyadari adanya sejumlah pihak yang menilai hasil tersebut berat sebelah. Bahkan disebut berpihak kepada paslon 02.

“Sebetulnya kami sendiri juga cukup surprise ketika melihat hasil semacam itu. Tapi kalau dilihat dari statistik angka kami masih masuk rentan margin error dari lembaga-lembaga yang lain,” ujar Toto di Upnormal Coffee Roaster, Raden Saleh, Jakarta, Selasa (26/3).

Toto menyebut, dengan hasil tersebut bukan berarti survei lembaganya berpihak pada salah satu paslon dalam Pilpres 2019. Dia menegaskan, Litbang Kompas telah melakukan survei dengan jujur dan bersih tanpa ada upaya memanipulasi hasil.

Lebih anjut, faktor lain yang membuat hasil survei Litbang Kompas bisa berbeda adalah terkait teknik pengambilan sampel dan metodologi yang digunakan setiap lembaga survei tidaklah sama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.