Pendidikan Karakter Menekankan Peserta Didik Berahlak Mulia

 

SAMPANG, Harnasnews – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, SDN Karanggayam 3 Kecamatan Omben Kabupaten Sampang Madura, menekankan terhadap pendidikan berkarakter dan berakhlak mulia.

“Kami tidak begitu banyak program, hanya saja disesuaikan dengan visi kami lebih menekankan terhadap siswa, bagai mana anak itu menjadi anak yang cerdas, pintar dan berakhlakulkarimah, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Kepala Sekolah Nur Mutmainah kepada wartawan baru-baru ini.

Menurut dia, program yang diberikan kepada siswa tidak monoton. Akan tetapi disesuaikan dengan kearifan lokal sesuai keadaan desa. Di antaranya melatih siswa cara berbicara, melatih siswa cara bergaul, hormat pada orang tua dan gurunya.

“Selain itu, tidak kalah penting mengajari nilai-nilai keagamaan untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa,”katanya

Sementara di bidang akademik, kata dia, sudah berjalan sesuai jadwal yang ada. Yakni menggunakan kurikulum yang berlaku K 13. Sedangkan kurikulum Merdeka baru mulai kelas 1 dan kelas 4.

Adapun rutinitas program lain, tiap hari Jumat membaca Yasin dan Jumat leginya Istighosah, praktek sholat disesuaikan dengan pelajarannya.

“Karena itu nanti yang akan membentengi anak didik kita, untuk menjadi anak yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan menjadi anak yang cerdas pintar untuk menyongsong era 45,” pungkasnya. (Sib)

Leave A Reply

Your email address will not be published.