iklan

37 Titik Tanggul Sungai Citarum Bekasi Dinilai Rawan Jebol

BEKASI, Harnasnews.com – Tanggul Sungai Citarum di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi kondisinya banyak yang rusak. Di kecamatan itu saja, jumlah yang rusak sebanyak 37 titik.

Rusaknya tanggul tersebut karena debit air yang tinggi ketika musim hujan. Titik tanggul rusak tersebar di delapan titik di Kecamatan Pebayuran.

Delapan desa tersebut yakni, Desa Sumberurip, Bantarjaya, Karangharja, Sumberreja, Sumbersari, Karanghaur, Kertasari dan Kertajaya.

“Kondisi kerusakannya cukup parah hingga perlu segera dilakukan perbaikan,” kata Camat Pebayuran Hanief Zulkipli, Rabu (17/3/2021).

Panjang kerusakan tanggul Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi bervariasi. Seperti di Desa Sumberurip, kerusakannya mulai dari satu meter hingga 20 meter.

Seluruh titik kerusakan tanggul Sungai Citarum, kata Hanief, sudah dilaporkan ke Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Kementerian PUPR.

“Jadi 37 titik kerusakan itu debit air Sungai Citarum tinggi saat musim hujan tahun 2020 dan 2021,” katanya.

Ia berharap perbaikan tanggul secara permanen bisa dilakukan. Sebab, semua titik tanggul rusak itu dalam keadaan kritis sehingga harus segera diperbaiki.

“Harus menyeluruh. Karena khawatir jika tidak segera diperbaiki saat musim hujan bakal jebol. Jadi yang kritis kondisinya bukan di Desa Sumberurip saja tapi seluruh titik itu. Ya mudah-mudahan tahun ini terealisasi,” harapnya. (Sygy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.