56 Tahun Usia STTAL, Siap Bersaing dan Menjawab Tantangan Setiap Perkembangan Jaman

Nasional

SURABAYA,Harnasnews – Upacara puncak Peringatan Dies Natalis STTAL Ke 56 Tanggal 15 Maret 2022 dipimpin langsung Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., M.Tr.Opsla., di ikuti seluruh Civitas Akademika STTAL di lapangan Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya, dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan. Rabu (16/3/2022).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan Komandan STTAL bahwa tantangan kita semakin kompleks dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus mengalami lompatan inovasi secara cepat. Hal tersebut, menjadi lebih penting karena sistem kesenjataan TNI Angkatan Laut bersifat Heavy Technology. Maka dari itu, bagi TNI Angkatan Laut penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebuah kebutuhan mendasar. Pada konteks inilah peran STTAL sebagai lembaga pendidikan berbasis teknologi menjadi sangat vital, sebab sejalan dengan modernisasi alutsista. Pada saat yang sama dibutuhkan jaminan kualitas personel yang mampu mengoperasikan, menguasai, mengawaki dan jiga mengembangkan teknologi yang dimiliki TNI Angkatan Laut secara profesional.

Lebih lanjut dijelaskan, STTAL sebagai lembaga pendidikan berbasis teknologi harus mampu menjadi pelopor dan motor penggerak dalam menciptakan pendidikan yang mengakomodasi kebutuhan konpetensi di era revolusi industri 4.0. Bukan hanya yang bersifat rutinitas, sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono yakni berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif, tetapi melahirkan inovasi serta membekali para mahasiswanya dengan softskill yang difokuskan pada human centered berbasis teknologi.

Menurutnya, sebagai sebuah Perguruan Tinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut, STTAL harus mampu merepson dengan konstribusi nyata membangun Sumber Daya Manusia yang inovatif, adaptif dan menguasai teknologi keangkatanlautan, baik yang sedang berkembang saat ini maupun teknologi masa depan.

“Jadikan STTAL sebagai Mother University bagi lembaga-lembaga pendidikan berbasis teknologi di lingkungan TNI Angkatan Laut. Saya berharap berbagai prestasi hasil karya terbaik dapat diciptakan oleh SDM Unggul Almamater STTAL. Bangun Kolaborasi dengan berbagai pihak melalui upaya peningkatan kerja sama sehingga dapat mempercepat dan mempermudah dalam mendukung kualitas dan daya saing di luar institusi”, tegasnya.

Perjalanan 56 tahun bukan waktu yang singkat untuk sebuah lembaga pendidikan. STTAL telah membuktikan arti perjalanan tersebut dengan lahirnya teknokrat-teknokrat matra laut yang unggul. Kepala Staf Angkatan Laut pada kesempatan ini juga mengucapkan Selamat Dies Natalis STTAL Ke-56 Tahun 2022. Harapannya semoga momentum Dies Natalis kali ini melecut STTAL untuk selalu mampu bersaing dan menjawab tantangan setiap perkembangan jaman. “Perbuatan tanpa dasar pengetahuan tidak banyak berguna, tetapi jauh lebih tidak berguna adalah pengetahuan yang tidak diaplikasikan dalam perbuatan”, pungkasnya.(Red/Pen)

Leave A Reply

Your email address will not be published.