Ada Jiwa Social Enterpreneur Dalam Koperasi

Meliadi juga berharap agar LIRA bisa menyelenggarakan pelatihan-pelatihan kewirausahaan di masing-masing provinsi di Indonesia. “Program pengembangan kewirausahaan melalui Klinik OK OCE saya pikir bisa diterapkan LIRA di seluruh Indonesia dimana ada LIRA di sana, tak hanya di Jakarta. Kemenkop dan UKM juga sudah melakukan sinergi pengembangan kewirausahaan dengan OK OCE”, tukas Meliadi lagi.

Meliadi akan terus mendorong jumlah kewirausahaan di Indonesia dengan melakukan sinergi dengan banyak pihak. “Rasio kewirausahaan kita saat ini sebesar 3,1%. Paling tidak, rasio itu harus sama dengan Malaysia di kisaran 5%. Itu bukan hal yang sulit, karena potensi kita sangat besar. Namun, untuk mewujudkan itu kita harus melakukan sinergi dengan seluruh stakeholder”, tegas Meliadi.

Sementara itu, Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, koperasi dan UMKM memiliki peran penting dalam memajukan ekonomi Jakarta dan juga Indonesia. “Kondisi ekonomi saat ini stagnan, ditambah ketimpangan atau kesenjangan ekonomi semakin melebar. Oleh karena itu, menjadi tugas kita semua untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dengan membuka lapangan kerja, kita bisa menghapus kemiskinan dan mengurangi kesenjangan”, kata Sandiaga.

Sandiaga juga mengakui bahwa saat ini terjadi juga kesenjangan dalam berusaha, dimana hanya usaha besar dan asing saja yang memiliki peluang usaha yang besar di Indonesia. “Makanya, kita akan terus dorong koperasi untuk maju di Jakarta, termasuk mendorong gerakan kewirausahaan OK OKE. Dalam enam bulan, sudah ada sekitar 32 ribu orang yang terdaftar sebagai enterpreneur di OK OCE”, pungkas Sandiaga.(Red/Dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.