JAKARTA, Harnasnews – Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr. Yudhi Wibowo mengatakan masyarakat perlu terus diingatkan mengenai pentingnya protokol kesehatan mengingat pandemi belum berakhir.

“Pandemi COVID-19 masih berlangsung, belum berakhir sehingga protokol kesehatan masih perlu diterapkan dengan disiplin,” kata Yudhi Wibowo dihubungi di Jakarta, Selasa.

Pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut menjelaskan bahwa kemunculan varian atau subvarian baru COVID-19 menjadi pengingat bahwa pandemi masih berlangsung.

“Pada hari ini Satgas Penanganan COVID-19 mencatat ada penambahan 3.008 kasus COVID-19 di Indonesia, 1.757 pasien sembuh, serta 21 pasien meninggal akibat COVID-19,” katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa saat ini telah ditemukan varian XBB atau BA.2.10 di Indonesia sehingga penggunaan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan masih perlu terus diperkuat.

Untuk memberikan proteksi yang optimal terhadap risiko penularan COVID-19, kata dia, maka penguatan protokol kesehatan dan vaksinasi menjadi kunci utama.