Akhirnya Wiranto Meminta Maaf  kepada Masyarakat Maluku

“Kewajiban kita untuk memberikan sosialisasi, penjelasan kepada masyarakat untuk bisa kembali ke rumah masing-masing. Karena tempat pengungsian, tempat yang jauh dari pemukiman, masalah  jaminan kesehatan, higienis, penyakit menular, sanitasi itu menjadi problem yang sangat besar yang bisa menyebabkan kondisi yang lebih sulit lagi untuk para pengungsi itu,” katanya.

Menko Polhukam mengatakan pemerintah pusat sudah mengirimkan bantuan untuk para korban bencana alam gempa bumi di Maluku lewat BNPB dan Menteri Sosial atas petujuk Presiden.

Wiranto mengatakan, bahwa beberapa waktu lalu pihaknya telah mengumpulkan para menteri, kepala lembaga terkait tentang masalah bencana, termasuk Kepala BNPB, Doni Monardo.

Menurut dia, atas perintah Presiden, pihaknya diminta melakukan aksi untuk membantu meringankan beban para penderita yang terkena bencana gempa bumi di Maluku.

” Dari hasil koordinasi para menteri dan para kepala lembaga, maka sudah dapat dikirimkan bantuan dari pusat, baik melalui BNPB berupa dana segar, tenda-tenda, kebutuhan pengungsi, ada selimut, ada pakaian, ada generator, ada tenda-tenda untuk RS dan Menteri Sosial juga telah mengirimkan bantuan logistik untuk para pengungsi dan juga sudah menyampaikan bantuan untuk yang meninggal sebesar 30 orang kali Rp 15 juta, serta bantuan-bantuan seperti beras dan sebagainya,” ujar Wiranto.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.