Koramil Ngantang dan Elemen Masyarakat Gelar Bakti Karya

MALANG, Harnasnews.com – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74, Koramil Ngantang 1818/04, Kabupaten Malang menggelar kegiatan karya bakti bersih-bersih sungai.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Ngantang, Karang Taruna, seluruh anggota Koramil, ibu-ibu persit dan melibatkan juga warga sekitarnya.

Sebelum kegiatan pembersihan sungai dilakukan semua yang hadir berkumpul di kantor Koramil Ngantang yang juga dihadiri Kapolsek Ngantang AKP Suyatno untuk memotong tumpeng yang dipimpin langsung oleh Komandan Koramil 0818/04 Ngantang Kapten Arm Heru Santoso Jumat (4/10),

Kegiatan pembersihan sungai ini berlokasi di sungai Jajar Desa Jombok Kecamatan Ngantang. Sekitar 100 orang diturunkan dalam bersih sungai, mulai dari anggota Koramil Ngantang Pemuda Pancasila Ngantang, pelajar hingga kalangan masyarakat sekitar.

Danramil Ngantang Kapten Arm Heru Santoso turun langsung dalam kegiatan pembersihan sungai di desa Jombok ini.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar sadar lingkungan jangan membuang sampah sembarangan, karena hal itu akan berdampak ketika musim hujan terjadi jika tidak ada penanganan lebih lanjut,” ujar Danramil.

Menurut Danramil, Kabupaten Malang mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan dari Program Pemerintah Kabupaten Malang yang nantinya harus menjadi salah satu Kabupaten Sehat.

“Ini merupakan salah satu wujud bersama-sama masyarakat menciptakan wilayah Kabupaten Malang yang sehat,” capnya.

Lebih lanjut, pembersihan yang dilaksanakan ini untuk mengantisipasi jika musim penghujan datang agar sampah-sampah tidak menyumbat aliran sungai yang menimbulkan penyakit dan menimbulkan bencana banjir di masyarakat.

“Saya mengharapkan masyarakat punya kesadaran yang kita laksanakan ini untuk ibadah membersihkan sampah dan masyarakat yang membuang sampah sembarangan minimal ada perasaan kurang enak kalo dia membuang sampah sembarangan,” tegasnya.

Dikonfirmasi disela kegiatan Ketua Umum Pemuda Pancasila Kecamatan Ngantang Sulaksono Wibowo yang akrab dipanggil cak Son mengatakan, meski mendapatkan predikat kabupaten sehat, tapi kata dia, masih ada beberapa hal yang kurang sehat harus dibenahi.

“Salah satunya kebiasaan membuang sampah disungai. Dimusim kekeringan begini sungai kaya gini menjadi tempat sampah bersama mentang-mentang air mengalir sedikit bahkan cenderung tidak ada air,” ucapnya.

Selain itu ia berharap kegiatan pembersihan sungai ini masyarakat bisa tergugah bahwa ada opsi lain membuang sampah selain di sungai.  (Teddy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.