Aminurokhman Ingatkan Agar Pemdes Lebih Waspada Kepada Mafia Tanah

Berita

 

PASURUAN, Harnasnews – Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Anggota DPR RI dari fraksi partai NasDem H. Aminurokhman  berkunjung ke Desa Ranuklindunga, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan pada hari Selasa (10/5/2022).

Pada kunjungan kali ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta sosialisasi Undang-Undang No.5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, yang sekaligus masuk dalam masa Reses Persidangan IV Tahun 2021-2022.

Disini Anggota DPR RI fraksi Partai Nasdem Aminurokhman menjelaskan tentang Klasifikasi tanah terkait SHM (Surat Hak Milik), HGB (Hak Guna Bangun), HGU (Hak Guna Usaha), dan HPL (Hak Pengelolaan).

“Kegiatan ini untuk menindak lanjuti Isu-isu yang krusial scala Nasional, seperti mafia tanah, setifikat ganda, dan lainnya yang dapat merugikan masyarakat yang kurang mengerti terkait aturan yang ada,” tutur Aminurokhman.

Aminurokhman sengaja memberikan edukasi dalam tingkat desa, agar Pemerintah Desa (Pemdes) lebih paham dan waspada dengan isu krusial, karena Pemdes salah satu unsur yang sangat penting dalam agraria.

“Di sini saya tekankan kepada Pemerintah Desa juga masyarakat untuk lebih waspada dalam urusan agraria, supaya tidak mudah di manfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti Mafia Tanah,” tagas mantan Walikota Pasuruan 2 Periode.

Dijelaskan bahwa Pemdes merupakan dasar utama yang paling penting dari seluruh pengurusan agraria, mulai asal muasal tanah hingga seluruh status perijinan tanah yang ada diwilayah Desa.

Kepala Desa Ranuklindungan menyampaikan “saya sangat berterimakasih atas kedatangan Anggota DPR RI fraksi Partai NasDem, H. Aminurokhman. Dan selama ini belum pernah ada permasalahan terkait agraria di Desa, berkat sosialisasi ini kami Pemdes bisa lebih mengerti tentang aturan yang lebih terperinci terkait agraria,” tuturnya.

“Sosialisasi ini sangat penting, karena bisa mengedukasi Pemdes untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masayarakat, khususnya dalam pengurusan agraria,” tutup Anggota DPR RI fraksi partai NasDem.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.