Aneh, Oknum Polisi Nyuruh Pelapor Tangkap Pelakunya Sendiri

  1. BANGKALAN, Harnasnews.com – Kasus pencurian yang kerap terjadi di Dusun Kebelen Timur Desa Benangkah Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, Madura, kian sulit terungkap. Pasalnya dari beberapa laporan yang dibuat oleh warga dusun tersebut di Polres Bangkalan, berakhir nihil.

Pencurian terbaru, dialami salah satu warga bernama, H Amin (50), ia menjadi salah satu korban pencurian motor. Amin mengatakan setelah terjadinya pencurian, ia langsung melaporkan kasus itu ke Polres Bangkalan, dengan nomor LP/235/XII/2019/JATIM/ RES BKL.

“Sayangnya, hingga satu bulan kok tidak ada perkembangan dari pihak Polres Bangkalan,” kata Amin saat ditemui media Harian Nasional News di kediamannya, Jum’at (17/01/2020).

Masih kata Amin, saat melapor ke Polres Bangkalan, dirinya menunjukkan ada lima pelaku, selain itu diantara beberapa pelaku dirinya mengenalinya. Amin mengaku tidak asal menuduh, karena ia mempunyai dasar berupa surat perjanjian yang dibuat oleh kepala desa setempat dengan pelaku, dan disaksikan orang banyak.

“Dua pelaku telah mengakui perbuatannya terkait dengan beberapa pencurian di desa kami. Pelaku juga berjanji akan mengganti semua kerugian para korban. Dan ini sudah kami tunjukkan ke penyidik. Lalu penyidik minta saksi saksi dihadirkan, ya kami datangkan,” imbuh Amin.

Lebih lanjut Amin mengatakan, setelah mendengar keterangan saksi, keesokan harinya petugas kepolisian menangkap semua tersangka dan dibawa ke Mapolres Bangkalan, Senin (23/12/19).

“Awalnya kami senang karena mengira laporan kami direspon dan ada keseriusan dari pihak kepolisian untuk memberantas kriminal di wilayah Bangkalan. Akan tetapi keesokannya tepatnya hari Selasa (24/12/19), kami mengetahui jika para tersangka itu sudah lepas. Ini yang membuat kami sangat kecewa dan tidak percaya lagi sama penegak Hukum Polres Bangkalan,” beber Amin.

Tak hanya itu, setelah dilepas, Amin menceritakan bahwa para tersangka sempat sesumbar kepada warga dusun. “Siapa yang mau tangkap saya, silahkan laporkan ke Polda sekalian. Saya lho punya kenalan Polda,” ucap Amin menirukan kata-kata tersangka.

Merasa tak puas, Amin kemudian bersama awan media ini mendatangi Polres Bangkalan untuk menanyakan terkait perkembangan kasus yang ia laporkan, kepada salah satu penyidik yang menangani kasus ini, yakni Bripda Achmad Fery Kuswanto.

Namun Amin kaget, waktu menanyakan perkembangan kasusnya, di ruangan Reskrim salah satu rekan Bripda Achmad Fery Kuswanto, mengatakan agar mencari pelakunya sendiri.

“Saya disuruh cari sendiri pelakunya, oleh salah satu penyidiknya,” ungkap Amin didepan awak media ini, Jum’at (17/01/2020).

Terpisah, saat media ini konfirmasi ke Kasat Reskrim Polres Bangkalan AKP David Manurung, mengatakan manyarankan agar menanyakan langsung kepada pihak Kasat yang baru.

“Silakan konfirmasi ke Kasat yang baru ya. Karena saya sdah pindah ke Lamongan. Terima kasih atas kerjasamanya dan mohon doanya selalu,” tuturnya melalui telpon selulernya. (Kri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.