Anggota DPR Soroti Minimnya Anggaran Reformasi Birokrasi

“Sementara kita tahu tonggak negara ini kalau di lingkungan internal pemerintah, pelaksananya TNI, Polri, dan birokrasi. Pertahanan keamanan anggarannya hampir Rp500 triliun sendiri, sementara instansi yang konsen di birokrasi hanya Rp1,7 triliun dari total APBN sekitar Rp3.000 triliun,” katanya, dikabarkan dari antara.

Dia menilai, pada akhirnya harus ada kajian lebih mendalam di level makro karena jumlah aparatur sipil negara ASN yang menyentuh angka lebih dari 4 juta.

Karena itu, dia mengasumsikan anggaran sebesar Rp1,7 triliun untuk mengurusi 4 juta ASN sama dengan anggaran untuk mengurusi satu ASN sekitar Rp400 ribu untuk satu tahun.

“Ini bukan persoalan kecil, tapi persoalan luar biasa dan sangat penting. Mudah-mudahan Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan dapat memahami situasi ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Yanuar tidak mempermasalahkan jumlah penambahan anggaran yang diajukan pemerintah, terutama untuk program-program yang bersifat terobosan seperti program dari LAN terkait afirmasi untuk ASN di Papua dan di beberapa wilayah perlu diperkuat.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.