Antusiasme Pelajar  Mendatangi  Stand  Universitas  Terbuka  EDUFAIR 2019 Jombang

Dian dan Dwi Remaja Puteri Kelas XII SMAN Ngoro Jombang.(Foto : Adi)

Direktur UT Surabaya Teguh Prakoso, M.Hum menyampaikan bahwa keikutsertaan UT dalam Edu Fair 2019 idi Jombang ini merupakah langkah nyata kepedulian UT untuk melayani masyarakat yang sedang mencari informasi proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, khususnya di UT .

Selain menginformasikan proses jalur reguler dan bidikmisi UT, kepada para siswa dan guru sekolah di Kabupaten Jombang, kami juga menyampaikan keunggulan dan prestasi-prestasi yang telah diraih UT selama ini. Banyak siswa dan guru yang antusias datang ke stand UT untuk menanyakan berbagai kendala seputar penerimaan mahasiswa baru, sistem belajar jarak jauh, elearning, bidikmisi, hingga kebijakan-kebijakan UT yang dikenal dengan jargon “menjangkau yang tak terjangkau”, demikian pungkas Teguh.

Dian dan Dwi  Remaja Puteri Kelas XII SMAN Ngoro Jombang

Kesempatan Senin pagi 21 Januari 2019, Reporter HarnasNews.com sempat mewawancarai Dua orang siswa kelas XII  SMAN Ngoro, Jombang bernama Dian dan Dwi menyampaikan perasaan senangnya dengan adanya kegiatan Edu Fair 2019 ini. “Saya sangat senang  dapat diberi kesempatan oleh guru BK dan sekolah saya untuk mengunjungi kegiatan Edu Fair ini. Banyak informasi seputar perguruan tinggi yang bisa saya dapatkan di pameran ini. Selain itu yang membuat saya tertarik adalah stand UT. Tadi saya banyak bertanya kepada Bapak Dwi Sambada dan Pak Faqih bagaimana tips bisa lancar kuliah di UT. Dian mengaku sangat menarik, karena bisa kuliah sambil kerja dan bisa belajar via Online, cocok buat mahasiswa zaman Now, status Negeri lagi”, terangnya.

Sejalan dengan pernyataan Direktur UT Surabaya, Penitia juga mengatakan bahwa Edufair ini merupakan agenda tahunan. Kami bertujuan agar para siswa dapat menjatuhkan pilihan studi lanjut pada lembaga, fakultas dan jurusan yang tepat.  Karena pilihan yang tepat untuk studi lanjut akan membawa siswa pada masa depan yang cemerlang dan perkembangan diri yang lebih optimal, seimbang dan utuh.

Bagi orangtua siswa, kegiatan ini juga akan sangat membantu dalam mengarahkan putera-puterinya untuk memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan mereka. Pameran Pendidikan Kab. Jombang menyediakan kesempatan yang terbuka bagi peserta pameran untuk memberi informasi yang akurat, jelas dan lengkap mengenai lokasi, mutu pendidikan, program-program studi yang ditawarkan, keunggulan-keunggulan- nya, biaya pendidikan, dan kesempatan peluang keria di masa yang akan datang.

Kegiatan ini juga merupakan wadah interaksi langsung antara orangtua calon mahasiswa dengan pihak penyelenggara pendidikan sehingga didapatkan informasi pendidikan yang lengkap. Pemberian informasi mengenai PT dari sumbernya secara Iangsung akan memberikan gambaran yang utuh bagi siswa sehingga dapat memilih PT dan jurusan sesuai dengan talenta yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Penanggung jawab Sosialisasi dan Promosi UT Surabaya, Adi Suparto menjelasakan adanya kesalahpahaman masyarakat tentang UT bahwa alumni UT tidak bisa diangkat menjadi PNS, dijelaskan bahwa pada kesempatan rekrutmen CPNS 2019 yang baru dilaksanakan, ternyata alumni UT banyak yang lulus.   Data kelulusan yang masuk hingga siang ini (21/01) antara lain, Jombang=102 orang; Gresik=48 orang; Bawean=7 orang; Tuban=42 orang; Ponorogo=75 orang; Lamongan=8 orang; Pamekasan=22 orang; Sidoarjo=8 orang; Bojonegoro=120 orang dan data dari daerah lain segera menyusul. Data ini kami merasa perlu untuk dikertahui oleh masyarakat luas agar halayak lebih paham, lebih tertarik dan lebih percaya terhadap Universitas Terbuka. (Red./Adi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.