Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah 1200 Tabung Perhari

SUMBAWA, Harnasnews – Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Sumbawa, Dr. Dedi Heriwibowo menyebutkan bahwa alokasi LPG 3Kg untuk Kabupaten Sumbawa sebanyak 12 mton dengan cadangan 807 mton.

Alokasi ini naik sekitar 30% dibandingkan quota awal Tahun 2022 sebesar 9 ribu mton. Hal ini disampaikannya menjawab kelangkaan LPG 3kg yang dirasakan masyarakat dalam beberapa minggu belakangan ini.

Dikatakan Dokter Dedi, pemerintah melalui Kementeriam ESDM semakin memperketat distribusi LPG 3kg melalui mekanisme tepat sasaran dengan memberlakukan syarat KTP dan KK bagi pembeli yang berhak yakni rumah tangga miskin dan UMKM.

Menurutnya, tidak ada pengurangan alokasi LPG 3 kg dari awal Januari hingga April 2023. Apabila terjadi kelangkaan karena naiknya konsumsi LPG 3 Kg pada Bulan Ramadhan ini.

Karena itu, Pertamina telah memberikan penambahan fakultatif 2 truk per hari atau sebanyak 1.200 tabung dan terus dilakukan pada wilayah-wilayah yang terjadi kelangkaan terutama disampaikan melalui camat masing-masing.

Dedi berharap kepada masyarakat tetap bijaksana dalam menggunakan LPG 3 kg dan tidak melakukan spekulasi dengan memanfaatkan situasi menjual LPG 3 Kg di luar ketentuan. Hal ini sebagaimana diatur dalam ketentuan HET LPG di wilayah Kabupaten Sumbawa yang berkisar antara Rp 15.000-16.500 di pangkalan.

“Untuk menyampaikan keluhan kelangkaan dan penyalahgunaan LPG 3 Kg, kami minta masyarakat dapat menghubungi Pemda Sumbawa melalui Kabag Perekonomian (HP 081 328 214 470) dan Kabid Perdagangan Diskoperindag (HP 085 238 144 080) atau kepada camat masing-masing wilayahnya,”pangkasnya.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.