Australia Kini Kembangkan Sawah Padi Liar

AUSTRALIA, Harnasnews.id – Sebenarnya pembicaraan mengenai potensi padi di Australia utara berlangsung sudah lama. Namun upaya budi daya padi liar secara komersial belum pernah dilakukan.

Hal itu kini akan terwujud melalui uji coba budi daya padi liar di areal persawahan di pinggiran Kota Darwin, yang akan dimulai beberapa bulan mendatang. Pemerintah Australia mengucurkan dana sekitar 1,8 juta dolar Australia (sekitar Rp 18 miliar) ke Charles Darwin University (CDU) untuk mengembangkan industri beras varietas asli yang dikenal juga sebagai padi liar.

Menurut Dr Sean Bellairs dari CDU, setelah bertahun-tahun mempelajari varietas beras asli, pembudidayaannya merupakan suatu kemajuan besar “Kita memiliki latar belakang yang baik dalam hal ekologi beras asli,” kata Dr Bellairs.

Dijelaskan, pihaknya telah meneliti kandungan nutrisi varietas padi liar ini sangat menarik dan unik. “Tapi kita tidak memiliki informasi tentang agronomi varietas itu. Misalnya berapa banyak pupuk yang harus diberikan untuk memaksimalkan hasil budi daya? Harus ditanam dalam kondisi seperti apa? Bagaimana cara panen terbaik?” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.