Bangunan Bersejarah Di Mustikajaya

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Ditengah bangunan megah perkotaan, terselip bangunan bersejarah yang luput dari perhtian publik. Rumah Gedong, berikut adalah penyebutan bangunan tua yang juga memiliki lumbung padi di areanya.Bangunan tersebut terletak di Jl. Siti, RT 01/08 kelurahan Mustikajaya, kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi.

Selain itu, bangunan bersejarah tersebut juga terletak pemakaman yang dipercaya masyarakat sebagai makam Siti. Ia dipercaya masyarakat sekitar merupakan sosok yang menyebarkan ajaran Islam pertama di wilayah Mustikajaya, Kota Bekasi.

Kondisi bangunan sendiri sudah beradaptasi dengan era moderen setelah dipugar pada 1990 silam. Dipercaya bangunan itu diduga sudah ada sejak era perjuangan.

“Sudah lama, sejak saya belum lahir juga katanya seperti ini, cuma ada beberapa yang dipugar karena kondisi bangunan lapuk atau rusak, karena kita mempertahankan sejarahnya,” Ungkap Tarma Mustofa, salah satu keturunan dari pemilik bangunan.

Pada beberapa bangunan di area tersebut, yang masih nampak asli hanyalah lumbung padi yang hingga sekarang masih terdapat padi di dalamnya.

“Untuk menentukan tahunnya berapa, kurang jelas juga karena sebagian catatan kami hilang, karena bentuk catatan kami bukan catatan kertas tapi berdasarkan cerita turun menurun,”katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.