Bantuan Wirausaha Pemula Buat Usaha UKM Lebih Mandiri

WP membuka jalan baginya untuk berkembang. Apalagi perempuan yang tinggal di Papringan Bedog RT 6 RW 25 Trihanggo Gamping Sleman itu, sudah sering mengikuti berbagai pelatihan, sehingga mudah baginya untuk mengelola modal yang diberikan dari pemerintah.

“Setelah mendapatkan bantuan itu saya memperbanyak produksi saya, kalau kemaren sebelumnya saya hanya mampu memproduksi sekitar 25 potong perbulan, dengan bantuan itu sebagian dari dan bantuan saya belikan material,” ungkap Haryati.

Setelah produknya meningkat Haryati membuka jaringan usaha. Batik hasil karyanya mulai dijajakan di beberapa rumah makan, hotel, showroom, maupun display pameran, selain di tempat tinggal sendiri. Uang hasil usaha itu lalu diputarkan kembali menjadi modal usaha. Alhasil keuntungan yang sudah didapat kian bertambah.

“Setelah saya memasukan di sana penjualannya lumayan asal kita terus produksi pasti ada pemasukan seperti itu.
Kalau dulu kan masih ikut pameran-pameran yang namanya rezekinya itu gak bisa dapat langsung tetapi beberapa tahun, beberapa bulan kemudian tiba-tiba ada pembeli itu kan dari pameran juga. Tapi untuk keuangan yang pasti itu dari rumah makan,” katanya.

Ada dua jenis batik yang di jual Haryati, yakni batik tulis dipatok harga antara Rp 500-1 juta dan batik kombinasi cap/tulis dipatok harga antara Rp 100 ribu-250 ribu per satuan. “Warnanya saya fokus ke warna alam tetapi sintesis kalau ada yang pesan ya tetap karena banyak yang suka sintesis juga, tapi pelan-pelan saya warna alam ini sudah mulai disuka kalau dulu sulit,” akuinya.

Di tempat usahanya, Haryati mempekerjakan tiga orang karyawan. Setiap hari mereka bekerja secara bergantian, dengan peran yang berbeda-beda dibantu Haryati bersama suaminya. Haryati merasa senang sudah lebih mandiri dari sebelumnya karena memiliki usaha sendiri.

“Setelah saya mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM saya bisa usaha secara mandiri. Jadi bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM sangat-sangat bermanfaat untuk saya. Saya mengucapkan banyak terima kasih. Ke depannya usaha saya semakin lancar,” katanya dengan penuh harapan.(Red/Ed)

Leave A Reply

Your email address will not be published.