Bayi Usia Setahun Lebih di Babel Terpapar Covid-19

Nasional

BANGKA,Harnasnews.com  – Wabah covid-19 bisa menyerang siapa pun tanpa mengenal usia, seperti halnya di wilayah Kabupaten Bangka, atau tepatnya di daerah lingkungan Sinar Baru, Kota Sungailiat, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dikabarkan seorang bayi baru menginjak usia 1 tahun 10 bulan terkonfirmasi covid-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra dalam siaran  persnya, Kamis (10/9/2020).

“Hari ini dikabarkan menambah lagi jumlah pasien covid-19 seorang bayi berinisial DF usia 1 tahun 10 bulan,” kata Boy Yandra.

Dijelaskanya, bayi itu (DF) lebih awal terpapar covid-19 namun dikarenakan adanya hubungan atau kontak erat dengan seorang wanita (22) berinisial FAB warga lingkungan Kuday, Sungailiat Bangka yang tak lain merupakan ibu kandung DF pun ikut terpapar covid-19.

Lanjutnya, FAB sendiri setelah diketahui merupakan transmisi importaid case dari sang suaminya, ES (30) pada bulan Agustus 2020 lalu setelah pulang dari luar daerah Bangka yakni Ternate dan berencana berangkat ke Ternate namun setelah dires rapid diketahui reaktif.

“FAB sudah kita karantina termasuk bayi itu yang masih berusia satu tahun lebih itu (DF — red),” terang Boy.

Saat ini pun ditegaskan Boy, sebagai langkah tindak lanjut dari kasus tersebut pihaknya melalui Puskesmas Sinar Baru, Sungailiat akan melakukan giat tracking terhadap warga yang dianggap pernah melakukan kontak dengan FAB.

“Baik kontak Dengan keluarganya maupun para tetangganya akan dilakukan tracking apakah pernah melakukan kontak primer dengan FAB maka kita harapkan segera melapor ke Puskesmas Sinar Baru,” jelasnya.

Tak cuma itu, dari kejadian ini pun ditegaskan lagi oleh Boy jika pihak intansi BPPD Kabupaten Bangka pun akan melakukan giat penyemprotan disinfektan di lokasi atau kediaman FAB.

“Termasuk di sekelilingnya dengan radius 100 meter,” terangnya.

Saat ini kasus covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Bangka total jumlah warga yang terkonfirmasi positip covid-19 kini mencapai sebanyak 79 orang namun jumlah pasien yang dinyatakan sembuh pun sebanyak 73 orang.

Oleh karena itu lagi-lagi Boy Yandra mengingatkan sekaligus menghimbau agar masyarakat senantiasa menggunakan masker serta membiasakan disiplin menjaga kesehatan.

“Hari ini saja tim Gugus Tugas Covid-19 bersama BPPD termasuk pak Kapolres Bangka turun ke lapangan guna memantau masyarakat yang menggunaka masker dan yang tidak menggunakan masker,” tegasnya. (Ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.