Belum Tersentuh Pembangunan, Pemdes Ciawi Bogor Percantik Dua Wilayah

BOGOR,Harnasnews – Karena belum tersentuh pembangunan, Pemerintah Desa (Pemdes) Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor mulai fokus menata kampung di dua wilayah dengan normalisasi saluran air dan betonosasi jalan.

“Memang wilayah yang menghubungkan dua kampung selama ini belum tersentuh pembangunan. Dan berdasarkan usulan warga akhirnya kita jadikan skala prioritas,” kata Kepala Desa (Kades) Ciawi, H Nana Sumarna kepada harnasnews.com di kediamannya, Selasa (27/12/2022).

Dia mengakui, untuk menata wilayah di desanya belum semua direalisasikan dengan pembangunan, namun tahap demi tahap kedepannya akan direalisasikan.

“Untuk sekarang kita fokus dulu ke Kampung Seuseupan dan Kampung Tipar dengan menggunakan anggaran program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) senilai Rp 1 Miliar,” tutur kades alumni Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi ini.

Untuk normalisasi saluran air kata dia, dengan volume panjang 521 meter, lebar 0,30 meter dan ketinggian 1,20 meter untuk kiri kanan jalan dengan menelan biaya Samisade tahap pertama sebesar Rp 557.390.000.

“Sedangkan untuk betonisasi jalan dengan volume panjang 531 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 0,15 meter dengan menelan biaya Samisade tahap dua Rp 442 juta,” jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.