Bentuk Peran Aktif Masyarakat Dalam Pengawasan Orang Asing, Kanwil KEMENKUMHAM Bali Ciptakan Inovasi I-CON Desa

 

DENPASAR, Harnasnews – Bertempat di Ruang Dharmawangsa Kanwil Kemenkumham Bali dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Immigration Corner di Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa (Posyankumhamdes)Rabu,03/11/22.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu, Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin, Para Kepala Desa/Kelurahan di Kecamatan Kuta Selatan, Kediri, dan Blahbatuh serta jajaran divisi Keimigrasian.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu membuka kegiatan yang menyampaikan bahwa Posyankumhamdes merupakan salah satu inovasi Kanwil Kemenkumham Bali yang juga telah menjadi role model atau inovasi percontohan bagi
seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham di Indonesia.

“Melalui inovasi Immigration Corner yang diinisiasi oleh Kepala Divisi Keimigrasian ini diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi dari Posyankumhamdes dengan melibatkan peran Imigrasi di dalamnya”, tutur Anggiat.

Berawal dari maraknya pelanggaran oleh WNA terhadap kebudayaan lokal khususnya di Bali, Doni menciptakan sebuah inovasi yang dapat membentuk partisipasi aktif para stakeholder dan masyarakat terkait dengan keberadaan orang asing.

“Immigration Corner di Posyankumhamdes atau yang disebut dengan I-Con Desa ini akan berkolaborasi dengan Para Kepala Desa untuk melibatkan masyarakat melalui pelatihan khusus (paralegal)”, ungkap Doni.

Diharapkan melalui inovasi ini dapat membentuk peran aktif masyarakat dalam berkontribusi untuk memberikan informasi dan melakukan penyuluhan kepada orang asing mengenai kearifan lokal yang tidak boleh dilanggar.(cvs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.