Beralihnya PSBB Ke New Normal, Kapolda Jatim Menandatangani Kesepakatan Bersama

Nasional

Surabaya, Harnasnews.com – Pasca PSBB yang beralih menuju persiapan New Normal. Kapolda Jatim mendapat undangan rapat dari Forkopimda Provinsi, di Gedung Bakorwil Kota Malang. Minggu (31/05/2020).

Sebelum Rapat Persiapan Masa Transisi Era Baru (New Normal) Gubernur Jatim. Turut hadir, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim untuk memberi bingkisan secara simbolis kepada mahasiswa Flores Timur dan NTT yang terdampak Covid-19 di Malang Raya.

Sebelumnya, Forkopimda Provinsi Jawa Timur telah melakukan koordinasi dengan Pemerintahan Daerah Malang Raya, membahas tentang kesiapannya diberlakukannya New Normal di Malang Raya sebagai pengganti PSBB.

Dalam sambutannya, Kapolda Jatim Irjen Pol DR M Fadil Imran, M.Si menerangkan, tentang New normal yang merupakan langkah untuk mempercepat penanganan COVID-19, baik dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Masih kata Fadil, Skenario new normal dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologis di wilayah terkait.

Disamping itu, Fadil juga menyampaikan himbauan, kepada seluruh masyarakat Malang Raya dimasa New Normal harus disiplin mengikuti dan mematuhi Pshysical Distancing serta tentang protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah Daerah,” Tuturnya.

“Mengingat Malang Raya banyak tempat wisata maka Kapolda Jatim menekankan untuk wisata kuliner lebih ditertibkan karena hal ini untuk menghindari kerumunan pengunjung begitu juga mall,” sambung Fadil.

“Apabila ada pelanggaran maka diperingatkan dengan memberi kartu kuning, jika melakukan pelanggaran lagi kartu merah akan kita berikan, namun kita tetap bersikap humanis dan ptofesional,” tutur Kapolda Jatim.

Selain itu, saya himbau sekali lagi kepada masyarakat lakukan protokol kesehatan yaitu jaga jarak, tetap pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan tidak usah keluar rumah apabila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak,”  tutur Fadil sebelum mengakhiri rapat.

Diakhiri acara Halal Bihalal Online dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara pemerintah Pemprov Jatim dengan Kopertis Wilayah IV Surabaya dan perguruan tinggi keagamaan Islam Swasta.

Ditempat yang sama, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah Sos., M.M menyampaikan, tentang teknis operasi mendisiplinkan masyarakat terkait pelaksanaan New Normal di Malang Raya.

Widodo juga meminta dukungan dan bantuan dari rekan-rekan media untuk mempublisasikan dan mensosialisasikan pada masyarakat luas, bahwa tujuan ini adalah untuk menyelamatkan dan membantu masyarakat agar tetap sehat dan produktif.

Masih kata Widodo, New Normal ini akan berhasil apabila ada kesadaran dan kerja sama dari masyarakat. (Pril/Kri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.