Bergaya Ala Citayam Fashion Week, Warga TPR Kota Bekasi Rayakan HUT RI ke-77

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – HUT RI ke-77 dirasakan gegap gempita oleh seluruh warga Indonesia. Perayaan dilakukan dari mulai upacara bendera hingga perlombaan dan pawai yang diikuti antusias setiap tahunnya.

Seperti yang terlihat di perumahan Taman Persada Raya (TPR) Jatibening, Kota Bekasi. Ratusan warga dengan berbagai pakaian adat menggelar upacara bendera memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang ke-77 dengan cara yang unik.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Mayor Jenderal TNI (Purn.) Achmad Tanribali Lamo, dengan komandan upacaranya adalah Brigadir Jenderal Polisi (Purn) Khairully.

Ketua RW Taman Persada Raya (TPR), Achmad K Permana mengatakan, peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus secara unik dan meriah ini selalu dilaksanakan setiap tahun. Bahkan ketika situasi pandemik tahun lalu perayaan masih tetap meriah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah tahun ini pandemik sudah cukup terkendali sehingga kita bisa melaksanakan peringatan 17 Agustus di Taman Persada Raya dengan lebih meriah. Bagi kami ini sudah seperti tradisi tahunan. Bukan sekadar seremonial saja tetapi adalah wujud penghormatan kepada pahlawan dan kecintaan kami kepada Tanah Air,” ujarnya, Rabu (17/08/22)

Upacara pengibaran bendera diawali dengan parade marching band dan penjemputan khusus warga kehormatan. Dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi, UUD 1945 dan pengibaran bendera oleh pasukan pengibar bendera.

Kegiatan dilanjutkan dengan aksi para warga dengan pakaian adat yang didominasi lansia. Bergaya ala Citayam Fashion Week, mereka menunjukkan kebolehan diatas spanduk yang dibuat seperti trotoar jalan.

Sementara itu, Mayor Jenderal TNI (Purn) Achmad Tanribali Lamo, yang juga warga di perumahan Taman Persada Raya menuturkan bahwa kegiatan itu sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih dalam kondisi pandemik Covid-19, sehingga warga yang ikut serta dalam kegiatan terbatas.

“Tahun ini kita coba melibatkan warga lebih banyak, kita bisa lihat dari tim paskibraka terdiri dari warga dari para anak-anak muda yang coba kita gabungkan, tampil bersama,” ungkapnya.

Selain jumlah peserta yang mencapai ratusan, pawai budaya dari masing-masing daerah juga ditampilkan warga.

“Kita mengajak warga kita untuk bisa tampil dari suku masing-masing, sehingga mereka datang kesini dengan pakaian adat masing-masing,” katanya.

Kegiatan yang dihadiri oleh ratusan warga berpakaian nasional dan daerah ini berlangsung dengan khidmat. Selain upacara dan funwalk, warga TPR juga sekaligus meresmikan overlay (peningkatan atau penambahan lapisan jalan) kompleks perumahan TPR.

“Jadi overlay ini adalah pengaspalan ulang, yang dilaksanakan oleh warga sendiri dan anggarannya juga disiapkan oleh warga sendiri, dan ini bisa muncul karena himbauan oleh pak RW dan warga di komplek ini merasa bahwa ini untuk kepentingan bersama,” tandasnya.

Ia sebagai purnawirawan TNI, melihat bahwa perayaan kemerdekaan RI dari tahun ke tahun tetap terpelihara dengan baik. Rumah Qur’an juga ada di perumahan Taman Persada Raya (TPR) sebagai sarana religi warga.

“Ini adalah satu kegiatan yang menonjolkan fungsi agama, bukan hanya tertentu tapi semua agama,” tukasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.