Beri Semangat Dan Motivasi Kepada Petani, Siti Munifah Kunjungi Desa Wonorejo

Malang,Harnasnews.com – Telah dilaksanakan kegiatan sambang tani oleh Badan PPSDMP Dr Ir Siti Munifah MSi, pada hari Sabtu, (26/12/2020). Bertempat di Desa Wonorejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Badan PPSDMP Dr Ir Siti Munifah MSi pada acara sambang tani dengan memaparkan, tentang pangan sebagai kebutuhan dasar manusia sangat menentukan kelangsungan hidup rakyat. Pasalnya, Ketidakcukupan pangan berpotensi mengguncang stabilitas dan ketahanan nasional.

Siti Munifah juga menyampaikan, kegiatan ketahanan pangan akan terus ditingkatkan dan dikembangkan melalui terwujudnya Desa Mandiri Pangan antara lain, penanganan Desa Rawan Pangan, Penganekaragaman Pangan Berbasis Pangan Lokal dan Peningkatan Kemandirian Pangan Menuju Kedaulatan Pangan.

Guna mewujudkan ketahanan pangan nasional yang mandiri. Menurut Siti Munifah menjadi alasan untuk melahirkan petani milenial sebagai kekuatan penuh ketahan pangan.

“Untuk mewujudkan kemandirian, perlu dilakukan intensifikasi pertanian dengan penerapan teknologi pertanian yang tepat, dan berwawasan lingkungan. Agar dapat meningkatkan budaya saing dan memahami teknologi pertanian,“ ucapnya.

Di samping itu, perempuan Asli Malang ini juga menekankan, agar peningkatan pada produktifitas pangan lokal dapat dijalankan lebih baik lagi. Dikarenakan, harus ada inovasi yang bagus untuk meningkatkan produktifitas tersebut.

Inovasi bukan berarti mengganti pangan pokok dengan produk pangan impor.“ Inovasi adalah memaksimalkan potensi tanaman lokal yang sudah ada di daerah, sehingga dapat menekan kebutuhan bahan pangan impor dan meningkatkan produktifitas dan kemandirian,“ terangnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.