Berikan Rasa Aman, Satpam UPMI Bali Dapat Pembinaan Dari Sat Binmas Polresta Denpasar

DENPASAR,Harnasnews – Seluruh Satuan petugas keamanan (Satpam) di Universitas PGRI Mahadewa Indonesian (UPMI) Bali mendapat pembinaan dari Sat Binmas Polresta Denpasar, pada Kamis (15/12).

“Pembinaan yang dilakukan untuk Satpam ini adalah untuk nantinya bisa memberikan rasa nyaman untuk warga di lingkungan UPMI Bali. Apalagi Satpam yang kita bina ini sebagai perpanjangan tangan Polri,” kata Koordinator Pengawas Bimbingan dan Penyuluhan (Korwasbinluh) Polresta Denpasar Aiptu I Made Linggih.

Sembari menyampaikan, Satpam adalah mitra polri dalam rangka pengamanan diwilayah kerjanya, satpam mempunyai kewenangan terbatas dalam penangan setiap kejadian yang berada di wilayahanya.

“Hal itu sudah sesuai dengan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 5 Agustus 2020 tentang Pam Swakarsa. Dan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 sebagai pengganti Perkap 23 Tahun 2007 tentang Siskamling, serta perubahan jenis seragam dan golongan kepangkatan Satpam,” terangnya.

Dijelaskan, dalam pembinaannya anggota Satpam dibekali pendidikan dan pelatihan baris-berbaris, cara melakukan pengamanan yang benar, cara menggeledah, dan cara menggunakan borgol.

“Karena itu sudah menjadi poin dasar yang harus dilahami oleh Satpam disaat melakukan pengamanan dimanapun, baik itu dilingkungan UPMI Bali maupun diperkatoran ditempatnya bekerja,” jelasnya.

Sementara Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (YPLP-PT) IKIP PGRI Bali yang kini menaungi UPMI Bali Drs. IGB Arthanegara, SH., M.Pd mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Polri telah membina anggota satpam disini.

Dimana tenaga Satpam yang dimiliki UPMI Bali saat ini berjumlah 9 orang. Selain Satpam juga sewaktu-waktu melibatkan tenaga Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai keamanan dikala ada kegiatan yang dirasakan urgen.

Selain keberadan Satpam, pihak UPMI Bali juga memasang 16 CCTV yang terpasang di titik -titik strategis untuk memantau situasi dan kondisi guna mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.

“Astungkara, berkat sinergi dan kerjasama yang baik, situasi dan kondisi di lingkungan UPMI Bali saat ini bisa dikatakan lebih nyaman, dan keamanannya juga bisa lebih terjaga,” tambahnya.(bud/cvs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.