Berkat KUR Peralatan Usaha Makin Lengkap

Jakarta,Harnasnews.Com  – Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga yang ringan dan persyaratan yang kian mudah mendorong semakin banyak pelaku usaha mikro yang mengaksesnya makin meningkat skala usahanya.

Dengan mengakses KUR misalnya, mampu membuat usaha Darmawan (34) di Bantul DIY semakin berkembang karena ia bisa melengkapi peralatan yang diperlukan untuk usaha aneka souvenir dan kipas bambunya.

Usaha yang dijalankannya bersama Sri Suharti (33) sang istri sejak 2006 itu semakin bisa berkembang setelah ia menjadi nasabah KUR dari BPD DIY.

Sekitar 1,5 tahun lalu usaha yang diberinya nama Banyu Biru Craft mendapatkan fasilitas perkuatan modal dari KUR sebesar Rp25 juta.

“Setelah menerima KUR saya pakai dana itu untuk pengembangan alat produksi, saya belikan alat penipis bambu, agar produksi lebih lancar dan alat untuk ukiran bambunya. Ada tambahan juga untuk beli etalase,” katanya.

Workshop usahanya dilakukan langsung di rumahnya yakni di Jipangan RT 04, Bangun Jiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta dan menyerap sejumlah tenaga kerja.

Dengan KUR, Darmawan mengaku sangat terbantu untuk mengembangkan inovasi dan karya-karyanya karena ada tambahan modal usaha.

“Ya sangat membantu karena itu ada inovasi pakai kipas kayu jadi ada pengembangan produk dan juga segmen pasar untuk menperluas jaringan pemasaran. Selama ini kita masih lebih dominan jualnya ke reseller dengan alat ini bisa akses ke costumer langsung yang backgroundnya menengah ke atas,” katanya.

Ia mengaku penambahan alat berupa mesin pengirat dan mesin pon membuat usahanya meningkat secara otomatis.

“Alhamdulillah lumayan bisa membantu pengembangan produksi dan pengembangan jaringan pemasaran,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.