Berkat Samisade Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Kabupaten Bogor

BOGOR, Harnasnews.com – Menurut realease dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2021 ini di Kabupaten Bogor sudah tidak ada lagi kategori desa tertinggal.

“Untuk Kabupaten Bogor kategori desa mandiri ada 48 desa, kategori desa maju 188 desa dan kategori desa berkembang ada 180 desa,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah saat ‘Giat Ngariung Pancakarsa Pokja’ di Aula Diskominfo Cibinong, Kamis (25/11/2021).

Lanjut Renaldi, data pada tahun 2020 di Kabupaten Bogor masih ada 4 desa yang masuk kategori desa tertinggal.

“Dengan program Pancakarsa Pemkab Bogor dengan karsa membangun dan karsa maju yakni melaksanakan kegiatan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di desa,” kata Renaldi.

Progran Samisade, kata Renaldi mengakomodir dan gambaran kegiatan hasil dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa.

“Karena setiap kegiatan musrenbang desa sangat banyak usulan tentang pembangunan infrastruktur dari usulan masyarakat,” jelasnya.

Kata Renaldi, program Samisade selain untuk mempercepat pembangunan di desa, juga diharapkan dapat menghilangkan kesenjangan antar desa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.