Inilah Penyebab Menurunnya Penjualan Produk Handycraft

Strategi lain yang dilakukan Darma selain menciptakan produk yang sesuai trend, ASEPHI juga menjalin kerjasama dengan pemerintah provinsi Bali setempat untuk memasarkan produknya di pasar lokal.
Kendati demikian, Darma berharap dalam upaya meningkatkan perokonomian rakyat dan negara, pemerintah pusat diharapkan bisa membantu memasarkan handicraft ke pasar internasional.

“Pemerintah pusat belum optimal membantu para pengusaha handicraft. Kami berharap pemerintah pusat membantu para UKM untuk memperkenalkan produk produk di luar negeri. Agar orang-orang luar negeri itu tahu barang apa yang diproduksi oleh Indonesia. Tanpa itu mereka tidak akan tahu.” kata Darma seraya menegaskan.

Menurunnya industri handicraft Indonesia di kelas internasional tentunya memiliki dampak negatif. Darma mengungkapkan, akan nada multiple effect (keuntungan lebih) jika pemerintah lebih serius membantu para UKM untuk memamerkan produk handicraft di luar negeri

“Pastinya ada keuntungan lebih, multiple effect yang dihasilkan. Baik dari para pekerja yang kian aktif hingga pemasukan pajak untuk negara,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.