Inilah Penyebab Menurunnya Penjualan Produk Handycraft

BALI, Harnasnews.com  – Ketua Asosiasi Pelaku Usaha Handcraft Indonesia (Asephi) Bali, Darma Siadja mengakui bahwa pasar handycraft tengah mengalami penurunan, baik di pasar lokal maupun internasional. Menurut dia, salah satu faktor penyebab menurunnya pasar handycraft, berpindahnya generasi konvesional ke milenial.

Hal itu otomatis membuat industry handycraft anjlok. Selain itu, kecenderungan para generasi milenial lebih tertarik pada hal-hal yang sedang trending di kalangannya.

“Mereka lebih senang memanfaatkan penghasilannya untuk ke gadget, kuliner dan eksperiens lainnya. Mereka yang memiliki gaji dua ribu atau tiga ribu dolar lebih senang belanja kesana (gadget), untuk belanja handicraft agak kurang.” tutur  Darma Siadja saat dihubungi wartawan, Sabtu (3/8/2019).

Pihaknya tengah melakukan strategi untuk meningkatkan daya beli handycraft di pasar lokal maupun luar negeri. Seperti, menciptakan produk yang berkaitan.

“Sebagai elaku usaha kita harus mengikuti trend market. Barang kita harus dibuat sesuai dengan keinginan mereka (generasi milenial), bukan membuat barang sesuai dengan keinginan kita. Desain-desain kita, warna-warna harus disesuaikan dengan market.” ucap Darma.

Leave A Reply

Your email address will not be published.