BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Domestik

JAKARTA, Harnasnews.com – Bank Indonesia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan perkembangan tersebut seiring dengan pemantauan terhadap indikator-indikator perekonomian.

“Kami sampaikan, memang proyeksi turun tapi trennya akan terus naik berlanjut di kuartal-kuartal selanjutnya,” kata Perry dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubernur BI, Selasa (20/4).

Perry mengatakan perekonomian masih akan menunjukan pemulihan yang berkelanjutan. Ini ditunjang oleh berbagai kebijakan seperti akselerasi di sisi fiskal juga perbaikan ekspor yang mendukung pertumbuhan Produk Domestik Bruto lebih lanjut.

Berbagai indikator pertumbuhan terus menunjukan tren peningkatan. Namun demikian, kata Perry, realisasi indikator konsumsi tidak setinggi yang diperkirakan sebelumnya sehingga proyeksi pertumbuhan ekonomi 2021 pun diturunkan menjadi 4,1-5,1 persen dari sebelumnya 4,3-5,3 persen.

“Konsumsi dan ritel mengalami peningkat, tapi tingkat peningkatannya kami lihat dengan data-data terbaru itu lebih rendah dari yang perkiraan sebelumnya,” katanya, dilansir dari republika.

Leave A Reply

Your email address will not be published.