BIAN, Pentingnya Imunisasi Bagi Anak Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Dewasa

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), digencarkan oleh pemerintah Kota Bekasi. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan sistem imun bagi anak terutama pada usia balita.

Di kelurahan Mustikajaya, kecamatan Mustikajaya, ratusan anak didampingi orang tua menjalani imunisasi di RW 02 dengan dihadiri Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto didampingi Lurah Mustikajaya Mochamad Adhi.

Kepala puskesmas Mustikajaya dr. Nurdin Hidayat menuturkan bahwa pencanangan dimulainya Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) itu mewakili target imunisasi dari seluruh kecamatan atau kelurahan yang ada di Kota Bekasi.

“Hari ini difokuskan RT 04 RW 2 dengan alokasi target tiga ratus, alhamdulilah tercapai 90 persen yang hari ini terimunisasi,” ungkap dr. Nurdin kepada media pada Kamis (04/08/22).

Dia menambahkan bahwa pentingnya imunisasi bagi anak usia dini, agar ketika dewasa, sistem imunitas tetap terjaga.

“Jadi banyak kejadian-kejadian anak setelah dia tumbuh dewasa karna tidak lengkapnya imunisasi akhirnya timbul penyakit seperti difteri dan lain-lain. Jadi hari ini kita mengejar target supaya anak Indonesia, atau khususnya di wilayah kota Bekasi tercapai imunisasi lengkap, sehingga tidak anak kejadian-kejadian yang di sebabkan karna kurang lengkap nya imunisasi,” imbuhnya.

Dikatakan dr. Nurdin bahwa imunisasi akan dilakukan secara mobile door to door untuk menyasar anak yang belum lengkap imunisasinya, hingga tanggal 2 September mendatang.

“Kita sampai ditanggal 2 September itu setiap hari dilakukan di setiap posyandu, memang salah satunya kita targetnya dengan door to door, mendata dari para kader mana saja anak yang belum lengkap imunisasinya, ditanyakan nanti akan kita data,” kata dr Nurdin.

Jelang hari kemerdekaan, suasana lokasi Imunisasi dibuat dengan warna merah cerah serta adanya patung ondel-ondel dan balon yang disukai anak-anak agar mereka merasa terhibur.

“Warna merah cerah itu intinya supaya gampang melihat, dan gampang menarik,” tukasnya.

Sementara itu, Alfiah (29) salah satu orang tua anak peserta menuturkan bahwa pentingnya imunisasi bagi daya tahan tubuh anaknya.

“Imunisasi sih sudah lengkap, cuma ini imunisasi yang normal aja, ya baru kali ini imunisasi sebanyak ini, lebih meriah daripada biasanya, penting lah imunisasi buat daya tahan tubuh anak,” katanya.(Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.