JAKARTA, Harnasnews – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri mendorong organisasi pemerintah daerah (OPD), terutama di Provinsi Jawa Timur, melakukan transformasi kinerja berbasis riset dan inovasi guna menjawab tantangan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik.

“Untuk menjawab tantangan ke depan, OPD harus kuat di dalam risetnya. Semua diputuskan based on research (berdasarkan penelitian). Setiap OPD sudah harus bertransformasi dalam kinerja-nya,” kata Sekretaris BSKDN Kurniasih, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.
Ia menambahkan riset dan inovasi dapat menjadi bekal bagi OPD untuk meningkatkan kinerja mereka agar lebih efektif dan berdampak terhadap pembangunan di daerah.
Hal tersebut dia sampaikan saat mewakili Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Kelitbangan Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.
Lebih lanjut, Kurniasih menyampaikan BSKDN berperan membina dan mengawasi pemerintah daerah. Selain itu, mereka juga berperan memantau sekaligus mengevaluasi strategi kebijakan pusat dan daerah melalui pemberian fasilitas, asistensi, penguatan inovasi, digitalisasi dan penilaian kelembagaan, serta penguatan penyelenggaraan strategi kebijakan.
Kurniasih lalu menambahkan BSKDN memiliki tiga indeks untuk mendorong penyelenggaraan pemerintah daerah yang lebih baik
“Kami memiliki tiga indeks yang sudah berjalan, yakni indeks inovasi daerah (IID), indeks pengelolaan keuangan daerah (IPKD), dan indeks kepemimpinan kepala daerah (IKKD),” ujarnya, dilansir dari antara.
Dalam kesempatan yang sama, Kurniasih menyampaikan apresiasi capaian IID Provinsi Jawa Timur yang semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Berdasarkan pelaporan IID 2022, kata dia, Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan pada jumlah laporan inovasi daerah yang masuk dalam sistem serta peningkatan skor dan peringatan. Berikutnya, peningkatan lainnya juga terlihat pada sebaran inovasi daerah yang kian merata di tiap OPD

Dengan demikian, lanjut Kurniasih, Provinsi Jawa Timur dapat memperoleh predikat sebagai daerah sangat inovatif pada gelaran Innovative Government Award (IGA) selama periode 2018-2022.
“IGA Ini merupakan ajang penghargaan yang rutin dilaksanakan BSKDN Kemendagri setiap tahunnya untuk memberikan penghargaan pada daerah terinovatif. Bagi daerah yang mendapatkan predikat terinovatif, akan memperoleh dana insentif daerah,” ucapnya.(qq)