Bupati Sumbawa Lepas 326 Orang Calon Jamaah Haji

SUMBAWA, Harnasnews – Bupati Sumbawa memimpin pelepasan jamaah calon Haji (JCH) Kabupaten Sumbawa Tahun 2023/1444H di Lapangan kantor Bupati Sumbawa, Selasa (06/06).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Ketua DPRD Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten administrasi Umum Kabupaten Sumbawa, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Perwakilan Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, serta ODP terkait.

H. Syamsul Munir mewakili Kementerian Agama menyampaikan kuota jamaah haji nasional 229.000 calon jamaah, 221.000 kuota awal dan 8.000 kuota tambahan. sedangkan NTB sebanyak 4.929 Calon Jamaah yang terdiri dari 4.499 kuota awal ditambah dengan 430 kuota tambahan. Sementara untuk Kabupaten Sumbawa sebanyak 326 orang dengan jumlah lanjut Usia yang di atas 65 tahun sebanyak 165 orang dengan usia tertua 91 tahun Dari Lunyuk.

Jamaah Haji Kabupaten Sumbawa ini tergabung dalam Dua kloter yakni kloter 5 terdiri dari 236 orang bersama dengan 152 jamaah Haji Lombok Timur akan diberangkatkan menuju Jeddah pada Senin, 12 Juni 2023. Selanjutnya sebanyak 82 orang ikut kloter 9 bersamaan dengan 196 jamaah Haji Lombok Tengah, dan 107 jamaah haji Lombok Utara akan diberangkatkan menuju Jeddah pada hari Sabtu, 17 Juni 2023,” paparnya.

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam Sambutannya menyampaikan calon haji tahun ini sebagian adalah lanjut usia yang mana hal ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Sumbawa yakni jamaah calon haji ramah Lansia.

“Ibadah haji merupakan ibadah yang menguras tenaga, maka hendaknya jamaah calon haji menjaga kondisi fisik dan mental. Jamaah calon haji haruslah kompak dalam kelompok serta menjauhi tindakan yang dapat membatalkan dan merusak ibadah haji, selain itu ibadah haji diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya,” tandas Haji Mo akrab Bupati Sumbawa ini disapa.

Bupati Sumbawa selanjutnya melepas secara resmi jamaah calon haji dengan pemasangan id card dan shall haji serta dilanjutkan dengan pemberian bendera kepada calonhaji yang menandakan pelepasan jamaah calon haji Kabupaten Sumbawa.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.