Catat! Anggaran Untuk Pilkada Sumbawa Tahun Ini Rp 40 Miliar

SUMBAWA, Harnasnews – Pemilu serentak (Pileg dan Pilpres) 14 Februari 2024 telah tuntas dilaksanakan dan telah berjalan dengan baik, aman dan lancar di Kabupaten Sumbawa, dan kini masyarakat akan dihadapkan kembali dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Nopember 2024 mendatang, baik itu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa maupun Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

Dalam rangka mensukseskan pelaksana Pilkada Sumbawa tahun 2024 ini ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbawa Endang Syaifuddin Adi Nusantara Husainy, S.Sos , MT dalam keterangan Pers diruang kerjanya, Rabu (27/03/2024), maka Pemda Sumbawa telah mengalokasikan anggaran dari APBD bagi Pilkada Sumbawa sekitar Rp. 40 Miliar.

Dijelaskan, sesuai dengan usulan yang diajukan, maka untuk menunjang kegiatan pelaksanaan Pilkada Sumbawa, Pemda Sumbawa mengalokasikan anggaran yang cukup besar mencapai sekitar Rp 40 Miliar, melalui Bakesbangpol Sumbawa.

“Adapun anggaran Pilkada tersebut diperuntukkan bagi menunjang program dan kinerja dari KPU selaku penyelenggara Pemilu dengan jumlah anggaran sekitar Rp 24,5 Miliar lebih, Bawaslu selaku Pengawas Pemilu sebesar Rp 9,1 Miliar lebih dan anggaran Pengamanan Pilkada (Polri dan TNI) sekitar Rp 4 Miliar,” papar Adi Nusantara akrab ia disapa.

Anggarannya sudah siap dan dialokasikan melalui Bakesbangpol Kabupaten Sumbawa dan tinggal dicairkan saja terang Adi Nusantara, dan diharapkan dengan alokasi anggaran yang tersedia, pelaksanaan Pilkada Sumbawa 2024 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar sebagaimana yang diharapkan, ujarnya.(Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.