Dalam Wujudkan SDM WBP Unggul, Pelatihan Batik Cap Di Gelar Lapas Ngawi

BERITA

Contoh Cap Batik yang menjadi ciri khas Lapas Ngawi.

NGAWI, Harnasnews – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ngawi Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan pelatihan batik cap, dengan diikuti 20 orang WBP dan bertempat di Aula BLK Lapas Ngawi. Pelatihan yang menggandeng oleh Owner Batik Alfando, Muji Lestari dan Kepala CV. Serena, Elok Fauziatunnisa pada hari Kamis (12/10/2023).

Kegiatan pelatihan yang bertema Wujudkan SDM WBP yang Unggul, Cerdas, Inovatif dan Kreatif guna bekal untuk bermasyarakat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Ngawi.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Kalapas Ngawi, Gowim Mahali. Pada sambutannya, Kalapas Ngawi mengatakan untuk terus berlatih dan mengasah keahlian membuat pola dan membatik cap agar semakin halus dan bervariatif.

“Ngawi itu terkenal dengan batik tulisnya, sehingga setelah batik cap ini perlu banyak variasi dan perlu banyak edukasi lagi untuk kita semua, supaya semakin baik proses batiknya,” ungkap Gowim.

Kalapas juga menambahkan, ada motif yang bagus yang menjadi salah satu ciri khas dari Lapas, dan pelatihan yang dilaksanakan, dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) WBP yang unggul.

“Batik cap ini merupakan motif khas Lapas Ngawi dan bisa menjadi ciri khas dari Lapas Ngawi dibandingkan dengan batik lainnya,” terang Kalapas Ngawi.

Melalui kegiatan pelatihan, diharapkan WBP Lapas Ngawi dapat mengembangkan diri dan berkreasi dalam membuat berbagai bentuk produk batik cap.

Kegiatan pelatihan batik cap dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan seperti melalui metode penjelasan materi, tanya jawab, demontrasi dan latihan atau prakek langsung. Kegiatan dilakukan secara bertahap mulai dari pengenalan alat dan media, sampai pengaplikasian pada kain.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.