Dandim Hadiri Apel Gelar Pasukan Patuh Candi Polres Salatiga

Nasional

SALATIGA,Harnasnews.com – Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana S.H.,S.I.K.,M.Si memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021 Polres Salatiga dengan tema “Kita Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan Dan Tertib Berlalu Lintas Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona Disease (Covid 19) Serta Mewujudkan Kamseltibcarlantas Yang Mantap Di Wilayah Hukum Polres Salatiga” di halaman Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga,Senin (20/09)

Kapolres Salatiga mengungkapkan bahwa, Polri kembali menggelar Operasi Patuh 2021. Tetapi tahun ini berbeda karena tidak hanya menertibkan para pelanggar tapi juga protokol kesehatan.

“Untuk pertama kalinya operasi patuh digelar di tengah pandemi Covid-19 mulai 14 hari terhitung mulai tanggal 20 September s.d 3 Oktober 2021 serentak di seluruh Indonesia,” terang Kapolres Salatiga.

Dalam operasi Patuh Candi 2021 kali ini Pola operasi yang awalnya 80% kegiatan preventif serta 20 % penegakkan hukum dirubah menjadi 100% tindakan simpatik dalam rangka membangun kepercayaan masyrakat terhadap Polri.

“Karena operasi sekarang ini berbeda, kegiatan dilaksanakan dalam fokus untuk mendisiplinkan masyarakat menaati aturan lalu lintas juga untuk mendisiplinkan menaati protokol kesehatan dalam rangka antisipasi Covid- 19,” ucap Kapolres.

Data pelanggaran lalin pada semester 1 tahun 2021 sebanyak 733.799 pelanggaran, dibandingkan tahun 2021 sebanyak 90.035 pelanggaran, trend turun 87% jumlah tilang tahun 2021 sebanyak 471.523.

Kapolres membeberkan saat ini pemerintah masih terus menurunkan angka penyebaran covid 19 dengan berbagai kebijakan, diantaranya pendisiplinan masyarakat terhadapat proket dengan menerapkan 6 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama serta percepatan pemberian vaksinasi.

Kepada masyarakat Salatiga, Kapolres berpesan untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga tercipta keselamatan di jalan, serta aman dari covid – 19,” tandas Kapolres.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Salatiga Yuliyanto, S.E.,M.M,Dandim 0714/ Salatiga Letkol Inf. Loka Jaya Sembada, S.I.P, Dandenpom IV / 3 Salatiga letkol Cpm. Singih P, Kepala Kejaksaan Negeri Salatiga Moch Reza Wisnu Wardhana, S.H., M.H,Ketua Pengadilan Salatiga, Wakil Ketua DPRD Salatiga Saiful Mashud,PJU Polres Salatiga,Kasat Pol PP Drs. Joko Haryono,serta Kepala Dinas Perhubungan Salatiga M. Sidqon Effendi.

Adapun personel gabungan yang mengikuti Apel Gelar Pasukan terdiri dari 1 SST Perwira Polres Salatiga,1 SST Denpom 3 / IV Salatiga,1 SST Kodim 0714/Salatiga,1 SST Dalmas Polres Salatiga,1 SST Babinkamtibmas,1 SST Satlantas,1 SST Gabungan Reskrim dan Intel,1 SST Dinas Perhubungan,1 SST SatPol PP,serta1 SST KBM Dinas Roda 2 / 4 (Ranmor Roda 2, Ranmor Roda 4 & Ambulance / Derek).(bud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.