Delegasi Regional ICRC Kunjungi PMI Center Bali

Nasional

BALI,Harnasnews – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Prov. Bali I Gusti Bagus Alit Putra, SH. .S.Sos. M.Si.
menerima kunjungan kehormatan Kepala Delegasi Regional International Committee of Red Cross (ICRC) untuk Indonesia dan Timor Leste, Alexandre Faite beserta rombongan, di Proyek PMI Center Bali Jalan Trengguli I Tembau-Denpasar, Kamis, 18/02/22.

Dalam kesempatan tersebut Alexandre Faite selaku pimpinan rombongan menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan Ketua PMI Bali bersama jajaran Pengurus dan staf PMI prov. Bali yang sudah berkenan menerima dan menyambut kunjungannya ditengah kesibukan dalam melaksanakan tugas.

Pimpinan rombongan juga memperkenalkan staf yang mendampingi dan menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk bersilaturahmi dan menyampaikan terkait Program Nilai Kemanusiaan di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Udayana.
“ICRC dan Fakultas Hukum Universitas Udayana akan mengadakan kegiatan seminar dan Focus Group Discussion (FGD) mengenai konvergensi antara Adat Bali dengan Hukum Humaniter Internasional (HHI) sebagai upaya untuk melindungi martabat manusia pada saat konflik bersenjata terjadi,” jelasnya.

Disampaikan juga bahwa ICRC akan mengadakan Senior Workshop on International Rules Governing Military Operations (SWIRMO) atau Lokakarya mengenai Aturan-aturan Internasional yang mengatur Operasi-operasi Militer.
“Kegiatan SWIRMO ini akan melibatkan lebih dari 100 perwira militer dari 80 negara lebih di seluruh dunia dan akan dilaksanakan di Bali pada bulan November mendatang. Ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan SWIRMO ini,” imbuh Alex.

Terkait kegiatan Seminar dan FGD pada Jumat, 19/08/22 ICRC dan PMI menginisiasi sebuah program yang bertema ‘Nilai Kemanusiaan’ sejak tahun 2020. Program tersebut akan mengeksplorasi keterkaitan antara nilai-nilai kemanusiaan dalam hukum humaniter internasional dan nilai-nilai berbagai budaya adat di Indonesia.

“Dalam kegiatan seminar ini para akademisi, peneliti dan pakar budaya Bali, serta para ahli hukum akan menyampaikan kajian mereka tentang konvergensi nilai-nilai Budaya Bali dan nilai-nilai kemanusiaan universal,” pungkas Alexandre.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PMI Bali mengucapkan selamat datang di Bali dan terima kasih atas kehadiran Kepala Delegasi Regional International Committee of Red Cross (ICRC) untuk Indonesia dan Timor Leste beserta rombongan yang sudah berkenan hadir bersilaturahmi ke PMI Center yang belum secara resmi dipergunakan oleh PMI Bali dan masih dalam tahap penyelasaian proyek. Selanjutnya, Ketua PMI Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, SH. sedikit memberikan penjelasan terkait rencana Pembangunan PMI Center yang kedepan diharapkan bisa menjdi Pusat Kegiatan Kepalangmerahan di Bali.

Acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut diisi dengan saling memperkenalkan rombongan yang hadir siang itu, dibarengi makan bersama dan diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama. Rombongan ICRC yang hadir pada kesempatan itu diantaranya ; Christian Donny Putranto (Kepala Departemen Hukum), Masyithoh Annisa Ramadhani Alkatiri (Penasehat Bidang Kemanusiaan), Kartika Juwita (Kepala Departemen Kerjasama), Ursula Natali Langouran (Staf Hukum), Budi Hernawan, Senior Program Officer, Mia Pitria Pangestie, Communication Officer, Sonny Nomer, Communication Officer.(TOP)(Vidi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.