Demi Wujudkan Desa Sejahtera,DPMD Sumenep Gelar Rakor TIK

SURABAYA,Harnasnews.com – Pemkab Sumenep melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD),menggelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (Rakor TIK) di auditorium Hotel Utami Sumekar di Jalan Trunojoyo No.51Sumenep Madura,Jawa Timur Kamis (08/08/19).

Hari pertama kegiatan Rakor yang dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari ini di hadiri Oleh Bupati Sumenep, Ketua TP PKK Sumenep,Sekdakab,Tim DPMD Provinsi Jatim, Tim Kabupaten, Tim Pelaksana Inovasi Desa dan para Pendamping Desa se Kabupaten.

Pada kesempatan itu Bupati Sumenep Busyro Karim,menghimbau Tim Pelaksana Inovasi Desa(TPID) untuk dapat bekerja secara maksimal, sehingga desa bisa berinovasi demi meningkatkan kesejahteraan, serta pertumbuhan ekonominya.

“Saat ini desa benar-benar dituntut untuk berinovasi menggali potensi lokal yang ada,sehingga program pembangunannya jelas dan terarah,” kata Bupati saat memberikan sambutan.
Kamis,(08/08/19).

Busyro menegaskan,selain terus lakukan inovasi,desa juga harus pintar mempromosikan potensi yang ada
“Saya harapkan Desa lebih cerdas lagi dalam menentukan program tepat guna sesuai dengan potensi daerah masing-masing,tentunya dengan melihat nilai jual atau peluang bisnis demi meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,”

Setali tiga uang dengan penyampaian Bupati, Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli, S.Sos, M. Si menjelaskan kegiatan ini digelar untuk merumuskan langkah-langkah kongkrit dan mencari solusi dalam memecahkan masalah berkenaan dengan Inovasi Desa di Kabupaten Sumenep.

“Kegiatan ini dalam rangka mendorong dan mengawal penggunaan Dana Desa
agar lebih berkualitas dan lebih inovatif serta tepat guna sesuai dengan potensi lokal desa ” Terang Ramli,Kamis (08/08/19).

Ramli berharap, nantinya masing-masing desa bisa memanfaatkan BUMdes untuk mengelola potensi atau keunggulan produk maupun pariwisata yang menjadi ciri khas Desa tersebut, agar dapat dijual sampai luar Kabupaten dengan nilai jual yang tinggi. Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan ekonomi di Desa-nya.

“Arah dari kegiatan ini untuk menciptakan Desa tematik sesuai potensi lokal Desa masing-masing,tentunya dengan memaksimalkan eksistensi BUMdes agar bisa mengelola Potensi desa untuk dikembangkan sehingga dapat berdaya saing tinggi dalam rangka menopang perekonomian masyarakat,agar nantinya kedepan desa-desa yang ada menjadi semakin lebih baik, seperti apa yang telah dikomitmenkan Pemerintah Kabupaten Sumenep ” Pungkasnya.
(HR/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.