Daerah Irigasi Mama Akan Dijadikan Percontohan di Indonesia

SUMBAWA,Harnasnews.com  –  Dalam rangka mewujudkan program nyata Gubernur dan Wakil Gubernur NTB “NTB Gemilang” ingin ada langkah satu inovasi yang meskipun kecil tapi ini adalah satu cita – cita dan mimpi untuk diwujudkan dengan akan menjadikan Daerah Irigasi (DI) Mama sebagai daerah irigasi percontohan di indonesia.

Hal tersebut duutarakan Kepala Balai PSDAH Pulau Sumbawa Med Manjarungi, ST, MT. Menurutnya dan ini menarik karena di DI mama ini ada tiga kewenangan yang ada disitu. DI mama sendiri sebagai kewenangan pusat yang di TPOP kan ke Provinsi. Ada juga DI pungkit sebagai kewenangan provinsi dan ada juga DI bengkoang dan DI lainnya yang menjadi kewenangan Kabupaten.

“Jadi ada tiga kewenangan hal ini kita ingin sinergikan antara pusat, provinsi dan Kabupaten, “ungkapnya kepada wartawan (14/8/2019).

Lanjutnya, mungkin DI lainnya hanya untuk mendukung musim tanam dan musim panen saja. Masih ada bisa efek samping dan pariwisata, olahraga, sedangkan DI pungkit disitu kemungkinan ada arena pacuan kuda kemudian dilokasi embung bisa digunakan untuk lomba mancing, kemah bhakti untuk kelestarian lingkungan. Karena, DI kita ini ada juga yang melalui hutan di daerah hulunya.

“Disisi lainnya yang ingin disampaikan disini outputnya adalah membuat pemahaman masyarakat bahwa PSDAH pulau Sumbawa ini berkerja,”ujarnya.

Tambahnya, artinya dengan adanya perlombaan marathon, mancing, dan kegiatan pacuan kuda atau trabas sepeda motor masyarakat langsung melihat DI kita ini yang sudah tertata rapih baik secara administrasi maupun dilapangan langsung, sehingga tidak ada lagi debat antara masyarakat dengan pemerintah, “katanya.(Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.