Diera Digitalisasi,Pemilihan Ketua Osis SMABA Gunakan Sistem E-Voting

LAMONGAN,Harnasnews – Dalam rangka regenerasi kepengurusan OSIS sebagai salah satu wadah pengembangan potensi murid.Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Babat Kabupaten Lamongan melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2022-2023 pada Kamis (15/9/2022) .

Tahapan-tahapan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari peserta didik kelas X, XI dan XII, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan.

Para calon ketua OSIS menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan selama masa kepengurusan nya.Terdapat tiga kandidat calon ketua yaitu;
1. M.Gusti Karebet
2. M Ilham Akbar M
3. Ahmad Zabidi Ilham

Ketiganya bertarung meraih simpati pemilih untuk mendapatkan suara terbanyak dengan mengusung visi dan misi masing-masing,dalam debat ketua osis yang diadakan terbuka di Lapangan utama SMA Negeri 1 Babat dan disaksikan oleh seluruh siswa dan juga bapak ibu guru.

Kepala SMA Negeri 1 Babat Drs.Sunardi,M.si mengatakan,bahwa OSIS merupakan organisasi yang sangat vital keberadaannya di sekolah. Di bawah naungan Waka Kesiswaan, OSIS mengkoordinasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesiswaan.

Kegiatan pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Babat diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

Kali ini sebanyak 1300 jumlah pemilih serta ada yang berbeda dalam proses pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Ketua OSIS di SMABA,pasalnya pihak panitia menggunakan sistem E-Voting.

Sunardi menjelaskan,yang dimaksud dengan sistem E-Voting yaitu para pemilih sudah tidak lagi memilih menggunakan kertas seperti biasanya. Namun pihak panitia sudah menyiapkan website khusus di laman http://smaba.sidikmu.com,selanjutnya untuk bisa login dan bisa membuka passwordnya peserta wajib memasukkan No.Kartu Keluarga.

Pemilihan OSIS dengan menggunakan sistem “E-Voting ini menjadi pertama kalinya yang dilakukan Sekolah Menengah Atas di wiliyah kabupaten Lamongan”.Proses E- Voting sendiri sangatlah mudah dilakukan serta lebih praktis,luwes,jujur dan adil.

Hal tersebut menurut Sunardi,mendapatkan berbagai apresiasi dari stakeholder dilingkungan SMABA serta inovasi seperti ini bisa terus dilakukan dan dikembangkan di SMAN 1 Babat.

Semoga ketua OSIS yang terpilih bisa menjadi ketua yang amanah dan dapat merangkul semua siswa serta menjadi aspirator yang baik kepada lingkungan sekolah.Tutup Sunardi.[PUL]

Leave A Reply

Your email address will not be published.