Dinas Kesehatan Bantaeng Fokus Vaksinasi di Pedesaan

Nasional

BANTAENG,Harnasnews.com  – Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus mendorong upaya vaksinasi di sejumlah titik yang ada di Bantaeng. Sejumlah desa mulai melakukan vaksinasi dengan dibantu petugas dari masing-masing Puskesmas.

Pelaksanaan vaksinasi ini mendapat respons yang baik dari masyarakat. Buktinya di setiap kantor desa, masyarakat beramai-ramai datang untuk di vaksin. Sejauh ini, pemerintah Kabupaten Bantaeng juga telah mengeluarkan surat instruksi Bupati Bantaeng tentang penerapan sanksi administratif bagi sasaran wajib vaksin di Kabupaten Bantaeng yang tidak mengikuti vaksinasi. Surat ini juga ditindak lanjuti dengan surat edaran Kapolres Bantaeng tentang pelaksanaan vaksinasi.

Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr Andi Ihsan berterimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu masyarakat untuk membangun kesadaran bersama untuk vaksinasi. Dia menyebut, upaya ini dilakukan untuk kebaikan bersama agar tercipta herd imunity (kekebalan kelompok).

“Kami merasa bersyukur respons masyarakat yang begitu tinggi,” jelas dia.

Dia mengatakan, proses vaksinasi dalam beberapa pekan kedepan akan difokuskan di kantor desa dan kelurahan. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mendekatkan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat yang ada di desa. “Ini kita lakukan agar pelayanan vaksinasi bisa lebih dekat. Tujuannya agar masyarakat makin mudah untuk vaksinasi,” jelas dia.

Dia menambahkan, masyarakat di Bantaeng saat ini sudah mulai sadar akan pentingnya vaksinasi itu. Pemerintah melalui Dinas Kesehatan akan memastikan semua kebutuhan vaksinasi akan tersedia untuk masayrakat. “Kami optimis dengan antusias masyarakat yang tinggi ini, maka kekebalan kelompok di Bantaeng akan dapat terwujud,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin ikut memantau pelaksanaan vaksinasi di sejumlah kantor desa dan kelurahan, Rabu, 15 Desember 2021. Di Kelurahan Lamalaka, ratusan warga sudah memadati kantor kelurahan sejak pagi untuk vaksinasi. Begitupun di kantor Desa Rappoa dan Kantor Desa Layoa. Masyarakat beramai-ramai untuk mendaftarkan dirinya untuk divaksin.

Bupati bergelar doktor pemerintahan ini lalu meminta kepada semua petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Dia berharap semua petugas vaksinasi bisa bertugas dengan baik. “Lakukan screening dengan baik. Setiap yang wajib vaksin, harus bisa mendapatkan vaksin secepatnya,” jelas dia.

Dia juga meminta kepada petugas vaksinasi untuk bertugas hingga sore hari. Dia berharap tidak ada masyarakat yang dipersulit untuk mendapatkan vaksinasi. “Semua yang wajib vaksin, jangan ada yang dipersulit. Selama memenuhi syarat, segera lakukan vaksin,” jelas dia.(Jf)

Leave A Reply

Your email address will not be published.