Dinas Peternakan Pasuruan Gelar Bimtek Khusus Takmir Masjid Jelang Idul Adha

Pasuruan,Harnasnews.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan mengundang puluhan Takmir Masjid di sekitar kawasan Kecamatan Pandaan dan Pohjentrek, Kamis (02/08/2018).

Mereka diundang untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemotongan Hewan Qurban, mulai dari tata cara pemilihan hewan qurban hingga bagaimana menyembelih hewan qurban sesuai dengan syariat agama Islam.

Drh Ainur Alfiyah, Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan mengatakan, tujuan dilaksanakannya bimtek tak lain untuk melakukan pengawasan ternak dan persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) agar memahami seluruh informasi tentang hewan qurban.

“Kita ingin memberikan informasi antemortem atau pengawasan hewan kurban sebelum disembelih. Kita mengundang Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk juga memberikan pengetahuan seputar cara penyembelihan huewan qurban yang sesuai syarian agama Islam,” kata Alfiyah.

Ia menerangkan bahwa, dalam Antemortem, nantinya bisa mendeteksi lebih awal terkait kesehatan hewan kurban. Seperti kesehatan kulit, gigi, sampai kelincahan hewan kurban. Harapannya hewan ternak yang sehat dan berkualitas yang disembelih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.