Dirjen Imigrasi Pimpin Delegasi Indonesia di Pertemuan ASEAN DGICM 2018

Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie, saat memimpin delegasi Indonesia di pertemuan ASEAN DGICM 2018. (Foto : Istimewa)

Kuala Lumpur,HarnasNews.com – Pertemuan Tahunan Direktur Jenderal Imigrasi dan Kekonsuleran se-Asia Tenggara di Kuala Lumpur Malaysia berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 Agustus 2018. Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie memimpin delegasi Indonesia pada pertemuan rutin tersebut. Delegasi RI beranggotakan tim dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dan dari Kementerian Luar Negeri.

Pertemuan tahunan ini diawali dengan Forum Kepala Tempat Pemeriksaan Imigrasi Utama ASEAN ( ASEAN Heads of Major Immigration Checkpoints Forum/AMICF). Ini adalah kali kedua pelaksanaan AMICF yang pada Juli 2017 lalu diselenggarakan pertama kali di Tangerang atas inisiatif Indonesia.

Dirjen Imigrasi mengatakan agenda utama yang dibahas dalam AMICF adalah isu-isu perlintasan dan permasalahan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) utama di masing-masing negara anggota ASEAN.

Fenomena migrasi ilegal dan peran komunitas imigrasi dalam mendukung kampanye anti-terorisme dan pencegahannya menjadi topik bahasan yang kaya akan semangat saling bertukar informasi dan pengalaman. Dalam hal ini, komunikasi dan media yang tepat menjadi jembatan yang melancarkan semangat kebersamaan komunitas imigrasi di ASEAN.

“Kita optimalkan kerja sama di kawasan regional Asia Tenggara untuk mencegah illegal migrant melalui perbatasan,” ujar mantan Kapolda Bali ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.