Dispusip Kabupaten Sumbawa Gelar Sayembara Penulisan Sinopsis dan Resensi Buku

SUMBAWA, Harnasnews – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Sumbawa yang tergabung dalam Panitia HUT Sumbawa, menggelar Sayembara Menulis Sinopsis dan Menulis Resensi. Kegiatan dalam rangka memperingati Semarak Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa ke-65.

Sayembara bertema “Melalui Sayembara Menulis Sinopsis dan Resensi, Kita Tingkatkan Gemar Membaca Agar Terus Melaju Untuk Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban” ini akan diikuti para pelajar mulai dari jenjang SD hingga SMA, serta umum.

Kepala Dispusip Sumbawa, H. Sahril yang ditemui media ini, Senin (15/1) mengatakan, bahwa Sayembara Menulis Sinopsis dan Menulis Resensi ini dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa masyarakat Sumbawa melalui berbagai bacaan atau buku.

Kemudian mengangkat dan mempopulerkan buku-buku yang berkualitas. Utamanya yang mengandung nilai-nilai kehidupan hingga mampu membangun karakter bangsa. Selain itu mempersiapkan masyarakat Sumbawa yang Gemilang Berkeadaban.

“Dengan kegiatan sayembara menulis resensi ini diharapkan kecintaan masyarakat terhadap bahan bacaan lebih meningkat. Sehingga terwujudlah masyarakat yang cerdas membaca dan kita dapat terus melaju demi Sumbawa yang berkeadaban,” ujarnya.

Namun yang paling utama dari kegiatan ini lanjut Haji Sahril, terwujudnya Sumbawa Gemilang yang berkeadaban sesuai dengan visi pemerintah Kabupaten Sumbawa saat ini.

Harapan dari visi tersebut bahwa masyarakat Kabupaten Sumbawa memiliki daya saing kuat serta mampu berkompetisi baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan budaya literasi masyarakat.

“Kami memanfaatkan momen Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa ke 65 untuk menggelar berbagai kegiatan literasi sebagai sarana untuk mengembangkan dan membudayakan kegemaran membaca dan menulis di kalangan siswa di Kabupaten Sumbawa, satu di antaranya adalah sayembara menulis resensi dan sinopsis,” ungkapnya.

Sementara Tim Juri Sayembara Menulis Sinopsis dan Resensi Tingkat Kabupaten Sumbawa, Purna Aprianti didampingi Wardinah dan Diana Darmansyah, membeberkan kriteria penilaian lomba tersebut. Yakni, keaslian karya (orisinalitas), kesesuaian sinopsis dengan isi buku, tata penulisan (ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital), dan pilihan kata (diksi).

Ketentuan Sayembara, lanjut dia, peserta dapat menggunakan buku fiksi yang tersedia di Perpustakaan Daerah/Perpustakaan Sekolah/Perpustakaan Elektronik. Peserta melampirkan foto diri beserta buku yang akan dibuat sinopsis. Jika buku diambil dari perpustakaan elektronik, peserta wajib menuliskan identitas buku secara lengkap. Peserta diwajibkan menuliskan biodata lengkap (nama, kelas, asal sekolah).

Sinopsis ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan EYD dan aturan penulisan sinopsis yang berlaku. Kemudian panjang sinopsis minimal 750 kata menggunakan jenis huruf times new roman 12, dengan spasi 1,5.

“Hasil penulisan dikirim ke panitia dalam bentuk PDF ke email [email protected] paling lambat 18 Januari 2024, pukul 23.59 Wita,” ujarnya.

Untuk peserta Sayembara Penulisan Sinopsis, adalah siswa Sekolah Dasar (Kelas 5 dan 6), dan siswa SMP/sederajat (Kelas 7, 8, dan 9). Sedangkan peserta Penulisan Resensi adalah siswa SMA/SMK sederajat (Kelas X–XII), dan mahasiswa/umum (berdomisili di Sumbawa).

Disebutkannya, bahwa semua peserta akan mendapatkan piagam penghargaan. Pemenangan akan dijaring dari Juara 1, 2, 3 hingga Harapan 1, 2, dan 3. “Pemenang akan diumumkan pada tanggal 22 Januari 2024 tepatnya acara puncak HUT Sumbawa, dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat,” pungkasnya.(Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.