Distan Kewalahan Tanggapi Permintaan Eliminasi Anjing di NTB

vaksin rabies anjing

MATARAM, Harnasnews.com – Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengatakan kewalahan menanggapi permintaan masyarakat untuk melakukan eliminasi anjing liar karena takut terkena wabah rabies. “Dalam sehari kita bisa menerima sampai tiga surat permohonan eliminasi anjing dari masyarakat,” kata Kepala Distan Kota Mataram, H Mutawalli di Mataram, Sabtu (2/3).

Dengan tingginya permintaan masyarakat tersebut, maka pihaknya melaksanakan kegiatan eliminasi dengan skala prioritas. Yakni pada titik-titik yang betul-betul ramai, seperti di pasar.

Selama ini, katanya, kawasan pasar menjadi titik ‘empuk’ bagi anjing-anjing liar berkumpul. Karena mereka mencari makanan dari sisa-sia aktivitas masyarakat di pasar. “Namun, titik-titik yang dilaporkan masyarakat tetap kita pantau. Kalau kondisinya terbukti banyak anjing, tim kami akan melakukan eliminasi. Tetapi kalau ajingnya hanya satu dua, kita prioritaskan yang lebih banyak,” katanya.

Mutawalli menyatakan, masyarakat yang terkena gigitan anjing hingga saat ini tercatat sebanyak tujuh orang. Namun semuanya sudah dinyatakan negatif rabies.

Leave A Reply

Your email address will not be published.