Diundang Istighosah di GBK Nyatanya Bahas Kriteria Capres, Ribuan Emak-Emak Kena Prank Relawan Jokowi

Menurut dia, pemimpin yang demikian dipersiapkan secara sistemik dengan kesadaran ideologi Pancasila yang kuat dan mendarah daging.

“Di dalam pemimpin seperti itu memiliki energi perjuangan yang tidak pernah padam bagi dedikasi untuk kemajuan bangsa dan negara,” kata Hasto.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyinggung sosok pemimpin ketika menghadiri acara relawannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (26/11).

Siri-ciri pemimpin yang baik, menurut Jokowi, salah satunya berambut putih. Menurut Jokowi pemimpin berambut putih merupakan ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

“Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah hati hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat,” kata Jokowi.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin menilai endorsement atau dukungan Presiden Joko Widodo ke Prabowo Subianto sebagai calon Presiden 2024 tak ubahnya seperti sebuah ‘prank’.

Menurut Ujang, Jokowi sebenarnya memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bukan Prabowo.

“Saya melihat kalau endorse kepada Prabowo itu ya ‘angin sorga’ dan ibaratnya prank. Tapi endorse yang sesungguhnya sih saya melihat ke Ganjar,” kata Ujang saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (27/11/2022).

Sebelumnya, mengutip laman Kompas, bahwa Jokowi sempat menyebut bahwa 2024 merupakan jatah bagi Prabowo. Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan di acara partai Perindo beberapa waktu lalu. Di forum itu, Prabowo juga hadir di barisan tamu.

Menurut Ujang, pernyataan Jokowi ke Prabowo berbeda dengan endorsement atau promosi yang dilakukannya terhadap Ganjar.

Di hadapan ribuan relawannya di Stadion Gelora Bung Karno, Jokowi menyebut ciri-ciri pemimpin yang betul-betul memikirkan rakyat memiliki muka berkerut dan berambut putih.

“Paling tidak Jokowi ingin mengatakan bahwa ‘dukungan Saya mengarah ke sana dan relawan tolong siap-siap ke sana (Ganjar)’,” ujar Ujang. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.