JAKARTA, Harnasnews – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjadwalkan sidang pemeriksaan terhadap Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Ichsan Fuady atas dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu untuk perkara Nomor 97-PKE-DKPP/VII/2023 di Ruang Sidang DKPP Jakarta, Kamis (3/8) pukul 09.00 WIB.

Informasi yang diperoleh di Jakarta, Rabu, perkara ini diadukan Indrawati yang merupakan pegawai negeri sipil di Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Indrawati memberikan kuasa kepada Rahmat Devi Irawan, Eka Kurnia Chrislianto, dan Rudy Farcison. Dia mengadukan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Ichsan Fuady sebagai teradu.

Teradu didalilkan telah merugikan dan mengurangi hak konstitusional dengan melarang pengadu untuk mengikuti seleksi sebagai calon anggota Bawaslu kabupaten/kota.

Sesuai ketentuan Pasal 31 ayat (1) dan (2) Peraturan DKPP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, sidang akan dipimpin ketua dan anggota DKPP.