Dokter  TNI ANGKATAN Laut Sigap Tangani Pemudik Di KRI BAC-593

SEMARANG, HarnasnewsTenaga kesehatan atau dikenal dengan sebutan Nakes adalah orang-orang yang secara profesional memberikan pelayanan kesehatan dan mempunyai keahlian khusus dalam disiplin ilmu yang ditempuh dengan pendidikan serta pelatihan.

Prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) berprofesi dokter dan kebidanan yang berdinas di Lanal Semarang sigap tangani pemudik yang ada di Kapal Perang Republik Indonesia Banda Aceh-593 (KRI BAC-593). Sabtu (06/04/2024).

Mudik gratis menggunakan KRI yang difasilitasi oleh TNI AL rute Jakarta – Semarang – Surabaya pada hari ini tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan membawa pemudik sebanyak 1025 orang dan 276 unit sepeda motor.

Salah satu dari pemudik tujuan Jakarta – Surabaya tersebut merasakan keluhan pada tubuhnya, mendapatkan informasi tersebut Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr. Hanla., M.A.P. dengan sigap memerintahkan langsung kepada 2 (dua) prajurit Kowalnya yang berprofesi sebagai dokter Lettu Laut (K/W) dr. Vemy Melinda dan kebidanan Lettu Laut (K/W) Erfina Nurmalia, A.Md.Keb. masuk ke dalam KRI BAC-593 untuk memeriksa dan menangani pemudik tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh 2 (dua) prajurit Kowal Lanal Semarang, pemudik tersebut mengalami keluhan sesak nafas, nyeri dada, dan nyeri lambung.

Kowal profesi kesehatan itu langsung memberikan penanganan dengan Saturasi oksigen 100% melalui hidung serta diberikan obat Lansoprazole, Simvastatin, dan Injeksi Ranitidin, diagnosis yang didapat yaitu Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) / asam lambung yang naik hingga menimbulkan sesak nafas.

Setelah diberikan penanganan oleh kedua prajurit Kowal Lanal Semarang tersebut, pemudik merasakan lebih membaik dan dapat melanjutkan pelayaran mudiknya menuju Surabaya dengan pengawasan lanjut oleh personel Bintara Kesehatan (Bakes) yang ada di KRI BAC-593. (Pen Lanal Semarang)

Leave A Reply

Your email address will not be published.