DPR: Polisi Jangan Gampang Tangkap Orang Secara Paksa

JAKARTA, Harnasnews.com – Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menanggapi sejumlah penangkapan yang dilakukan aparat kepolisian terhadap masyarakat yang membentangkan poster ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengingatkan kepolisian untuk tidak bertindak represif.

“Kita intinya minta polisi bijak sesuai dengan semangat restorative justice yang dikumandangkan oleh kapolri, jadi jangan gampang tangkap orang secara paksa,” kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/9).

Dikabarkan dari republika, ia meminta aparat kepolisian untuk melakukan pendekatan secara dialog. Tindakan represif yang ditunjukkan aparat di daerah justru bertentangan dengan semangat restorative justice Kapolri.

“Kalau seperti itu sama saja tidak menghargai seruan dengan pimpinannya sendiri kalau di jajaran polisi daerah itu masih melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan semangat keadilan restoratif yang ditekankan kapolri,” kata politikus PPP itu.

“Saya sebagai ketua Komisi III meminta kapolri agar menginstruksikan kepada seluruh jajarannya di lapangan agar memiliki kebijaksanaan dalam mencari keseimbangan antara jaminan atas kebebasan berekspresi dan jaminan atas keamanan nasional serta penghormatan atas harkat dan martabat orang lain,” ucap Herman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.